Car Free Night Jakarta Buka di Malam Tahun Baru 2023!

Kawula Muda, ada yang kangen sama car free night?

Dimeriahkan oleh pesta kembang api, Car Free Night Jakarta kembali digelar di sejumlah titik (ANTARA)
Fri, 23 Dec 2022


Kawula Muda, sudah memutuskan tahun baru nanti akan ke mana? Kabar gembira buat lo yang di DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali melaksanakan car free night (CFN) dalam rangka memeriahkan malam tahun baru pada Sabtu (31/12/2022).

Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan mengosongkan kawasan Thamrin-Sudirman hingga Blok M, dari kendaraan bermotor pada malam tahun baru 2023.

Ilustrasi Car Free Night di Jakarta, acara tahunan untuk memeriahkan tahun baru (SUARA)

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, mengatakan, perayaan tahun baru digelar di sejumlah titik sepanjang jalur tersebut, Kawula Muda.

"Tempat (malam tahun baru) kan titik-titik itu di sepanjang Thamrin-Sudirman sampai Blok M. Jadi ada beberapa titik," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Rabu (21/12/2022) mengutip Kompas.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan waktu penerapan CFN di Jakarta. Kegiatan tersebut akan dimulai dari malam hingga dini hari.

"Penerapan car free night dimulai pada pukul 20.00 sampai pukul 02.00," ucap Syafrin, Selasa (20/12/2022) mengutip CNN.

Untuk mengantisipasi padatnya euforia masyarakat yang akan meramaikan CFN ini, Pihak Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan 40 tempat parkir yang tersebar di kawasan Sudirman-MH Thamrin. 

Hal ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan parkir di lokasi CFN Jakarta. Untuk lokasinya sendiri, menurut Pemprov DKI Jakarta, akan menyusul.

Namun, Pemprov DKI Jakarta tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Syafrin menambahkan, bahwa pihaknya akan memperpanjang jam operasional angkutan umum selama malam tahun baru.

"Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00. Sementara kita pahami untuk layanan TransJakarta ini sudah beroperasi 24 jam memang pada saat melakukan car free night sifatnya untuk koridor Blok M-Kota ini situasional," lanjut Syafrin.

Selain CFN, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar rangkaian acara lain untuk merayakan malam pergantian tahun, loh.

Tahun ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata menuturkan, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar panggung musik dengan berbagai genre. 

Andhika juga menuturkan, perayaan utama akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah dan sejumlah wilayah di lima kota administrasi DKI Jakarta.

Di Jakarta Pusat, lokasi perayaan adalah di Thamrin 10. Sementara di Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing di Kantor Wali Kota. Lalu Jakarta Selatan, perayaan digelar di Setu Babakan. Kemudian Jakarta Timur digelar di Old Shanghai, Cakung dan di Kepulauan Seribu digelar di Pulau Untung Jawa.

Selain itu, Disparekraf juga menggelar atraksi instalasi lampu di Taman Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat, dan Kota Tua, Jakarta Barat.

"Kami ada Jakarta Light Festival satu atraksi instalasi lampu tempatnya di Taman Sumenep Promenade dan di Kota Tua. Jadi instalasi lampu yang menggambarkan untuk semaraknya kota," jelas Andhika.

Meriah sekali ya, Kawula Muda. Lo sendiri tahun baruan di mana?

Berita Lainnya