Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Pasti Dilirik HRD!

Simak yukkk, buat lo yang lagi apply pekerjaan ke perusahaan!

Ilustrasi surat lamaran kerja (UNSPLASH)
Fri, 27 Jan 2023

Melamar pekerjaan pasti dibutuhkan berkas-berkas yang perlu lo siapkan demi mendapatkan posisi idaman, salah satunya surat lamaran kerja.

Apalagi untuk lulusan baru atau fresh graduate yang ingin mencari kerja, menulis surat lamaran kerja terasa masih membingungkan.

Para HRD harus melihat surat lamaran mana yang dibutuhkan sesuai perusahaan. Makanya, lo harus tahu dengan cermat bagaimana membuatnya dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.

Prambors sudah membuat berbagai contoh surat lamaran kerja, nih Kawula Muda. Di simak baik-baik, ya!

Ilustrasi surat lamaran kerja (UNSPLASH)

Format dan cara menulis surat lamaran kerja

Hal pertama yang perlu lo ketahui sebelum membuat surat lamaran kerja adalah format penulisan. Ada beberapa hal yang harus ditulis beserta caranya, nih!

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Di pojok kanan atas, lo harus mengisi format ini, Kawula Muda. Jangan sampai terlewat, untuk memperhatikan penempatan tanda baca dan penggunaan huruf kapital.

2. Nama penerima, nama perusahaan, dan alamat yang dituju

Kedua, menuliskan nama perusahaan dan alamat perusahaan. Namun, kalau lo enggak tahu nama penerima lamaran secara spesifik, lo boleh hanya menulis nama dan alamat perusahaannya saja.

Untuk menulis nama penerima yaitu 'Yth'. Namun, jika langsung menulis nama perusahaan, gunakan kata 'Kepada' diikuti dengan nama perusahaan.

3. Salam pembuka

Untuk mengawali surat, tulis salam pembuka dengan kata pengantar. Kata ini diisi tentang tujuan pembuatan surat lamaran pekerjaan.

Tambahkan juga, bagaimana lo bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut. Misalnya dari media sosial, teman, portal lowongan kerja, dan lainnya.

4. Isi surat

Dalam isi surat ada hal yang perlu ditulis, yakni, nama, alamat, tempat tanggal lahir, alamat email/nomor yang bisa dihubungi, menjelaskan tentang pengalaman kerja atau organisasi (jika belum ada pengalaman kerja), pendidikan terakhir, dan skill yang dimiliki.

Usahakan isi surat adalah informasi yang singkat, padat, dan jelas, ya. Bahasanya pun harus formal agar mudah dimengerti oleh pihak HRD.

5. Cantumkan posisi

Selanjutnya adalah menulis posisi atau jabatan di surat lamaran. Perlu teliti juga, nih Kawula Muda. Pasalnya, banyak orang yang lupa mencantumkan posisi yang dilamar.

7. Persyaratan lamaran

Tulislah dokumen-dokumen yang lo lampirkan sebagai syarat dalam lamaran pekerjaan. Dokumen yang paling biasa diminta adalah CV, ijazah atau transkrip nilai, portofolio, KTP, dan lainnya.

8. Penutup surat

Pada bagian ini, lo bisa menulis harapan lo terkait lamaran pekerjaan kepada perusahaan. Tidak perlu menuliskan harapan yang berlebihan, karena bisa dianggap tidak profesional dan memakan waktu.

Jangan lupa pakai kata terima kasih, ya!

9. Nama dan tanda tangan

Terakhir, tuliskan nama dan tanda tangan lo di pojok kanan bawah surat.

Contoh surat lamaran kerja

Biar lo enggak makin bingung sama bagaimana cara membuatnya, ini ada contoh surat lamaran kerja di beberapa bidang.

1. Contoh surat lamaran kerja masa kini


Contoh surat lamaran kerja kekinian (SCRIBD)

 

2. Contoh surat lamaran kerja lulusan SMA

Contoh surat lamaran kerja lulusan SMA (ACADEMIA)

 

3. Contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate (ROMA DECADE)

 

4. Contoh surat lamaran kerja di bank

Contoh surat lamaran kerja di bank (SCRIBD)

 

 5. Contoh surat lamaran kerja di email

Contoh surat lamaran kerja via email (suratresmi.net)

 

 

Itu dia beberapa contoh surat lamaran kerja dari berbagai medianya yang bisa lo ikuti. Good luck, Kawula Muda!

Berita Lainnya