Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973 Dilelang, Laku Rp 4,9 Miliar!

Hai Kawula Muda, Steve Jobs dulu juga bikin surat lamaran kerja lho!

Steve Jobs dan surat lamaran kerja tahun 1973. (INDIA EXPRESS)
Sat, 31 Jul 2021

Baru-baru ini surat lamaran kerja milik pendiri Apple, Steve Jobs, yang ia tulis pada tahun 1973 laku terjual senilai sekitar Rp 4,9 miliar.

Surat lamaran tersebut dilelang dalam dua versi, yakni dalam bentuk fisik dan Non-Fungible Token (NFT) untuk salinan digital.

Sesi lelang yang ditutup pada rabu (28/7/2021), menghasilkan penawaran tertinggi sebesar 343.000 dolar AS atau sekitar Rp 4,9 miliar untuk bentuk fisik. Sedangkan untuk versi NFT terjual senilai 10,10 ETH atau setara dengan Rp 335 juta.

Sejarah unik sang pemimpi

Pada laman stevejobsjobapplication.com tertulis, “Surat lamaran pekerjaan Steve Jobs dari tahun 1973 adalah bagian sejarah yang unik dari saat yang tepat ketika seorang pemimpi mengubah dunia.”

Surat lamaran ukuran kertas A4 itu berisi tulisan tangan asli Steve Jobs dan informasi lain tentang dirinya.

Steve Jobs yang saat itu berusia 18 tahun atau 3 tahun sebelum ia mendirikan Apple bersama Steve Wozniak, mencantumkan Reed College sebagai alamatnya saat itu.

Jobs memang sempat melanjutkan studi di perguruan tinggi seni Reed College yang berlokasi di Portland, Oregon, pada 1972. Sebelum akhirnya memutuskan drop out (DO).

Surat lamaran kerja Steve Jobs tahun 1973. (STEVEJOBSJOBAPPLICATION.COM)

Dalam surat lamaran kerja, ia menuliskan Sastra Inggris sebagai jurusannya. Ia juga menuliskan “electronic tech or design engineer” (teknisi elektronik atau insinyur desain) sebagai kemampuan khususnya. Di kolom ini juga menuliskan nama Hewlett-Packard (HP) sebagai referensi.

Pencantuman nama HP itu mengacu pada perangkat yang sering digunakan Jobs. Hal itu karena Jobs sering menghadiri sesi seminar di pabrik Hewlett-Packard (HP) saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Pada satu kesempatan, Jobs bahkan memberanikan diri untuk meminta komponen mesin kepada CEO HP, William Hewlet.

Ketika itu, Hewlet terkesan dengan keberanian Jobs, kemudian memberikan komponen mesin yang diminta. Bahkan, Jobs juga ditawari magang di HP selama liburan musim panas.

Dari surat lamaran ini juga diketahui Steve Jobs tidak memiliki nomor ponsel dan surat izin mengemudi.

Pernah dilelang tiga kali

Menurut informasi di laman stevejobsjobapplication.com, surat lamaran Jobs yang ditulis pada 1973 ini sebelumnya sudah pernah dilelang sebanyak tiga kali.

Koleksi yang sangat langka ini pertama kali dilelang pada tahun 2017 dengan Bonhams, New York, dan laku terjual senilai 18.750 dolar AS atau sekitar Rp 271 juta.

Kemudian pada lelang kedua di 2018, laku senilai 174.757 dolar AS atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Lalu pada lelang di Maret 2021 laku terjual senilai 222.400 dolar AS atau sekitar Rp 3,2 miliar. Sedangkan lelang yang baru saja berakhir 28 Juli 2021 berhasil mencetak rekor hingga nyaris Rp 5 miliar.

Berita Lainnya