Diperingati Setiap 12 Mei, Ini Sejarah Hari Perawat Internasional!

Semangat para perawat Indonesia!

Ilustrasi perawat yang tengah membawa pasien ke ruang operasi (UNSPLASH/NCI)
Thu, 12 May 2022

Tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional setiap tahunnya. Peringatan tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada perawat di seluruh dunia atas jasanya. 

 Adapun tokoh yang dikenang dari hari ini adalah Florence Nightingale yang lahir pada 12 Mei 1820. 

Ilustrasi perawat yang tengah menangani pasien Covid-19 (UNSPLASH/Mufid Majnun)

 

Pada 1850-an, Florence diketahui merupakan inovator dasar keperawatan modern. Saat itu, ia ditempatkan di Rumah Sakit Barak di Scutari, Istanbul, pada masa Perang Krimea. Adapun ia memimpin perawat tentara Inggris.

Saat sampai di rumah sakit tersebut, Florence terkejut dengan kondisi rumah sakit yang tidak memadai. Padahal, rumah sakit seharusnya steril mengingat mudahnya bakteri, virus, dan kotoran masuk ke dalam tubuh lewat luka. 

Karena itulah, ia mulai merancang standar perawatan yang ketat dengan memastikan kebersihan bangsal perawatan. Selain itu, ia juga memastikan persediaan medis dan makanan yang memadai. 

Berangkat dari pengalaman itulah, Nightingale mulai mengampanyekan reformasi di dunia keperawatan. Ia pun membuka Nightingale School of Nursing di St. Thomas’ Hospital, London, Inggris. Itu adalah sekolah formal perawat pertama di dunia. 

Adapun selama masa hidupnya, ia telah mempublikasi berbagai karya terkait pengetahuannya di dunia keperawatan. Hal ini membantu untuk membangun sistem perawat modern seperti yang Kawula Muda kenal hari ini. 

Namanya pun kini menjadi penghargaan tertinggi untuk perawat, yakni Medali Florence Nightingale. 

Sementara itu, tanggal lahirnya mulai diperingati sebagai hari perawat internasional sejak dipelopori oleh International Council of Nurses (ICN) pada 1974 lalu.

Tema Hari Perawat Internasional 2022

Tahun ini, International Council of Nurses (ICN) mengambil tema “Perawat: Suara untuk memimpin-berinvestasi dalam keperawatan dan menghormati hak untuk mengamankan kesehatan global.”

Adapun Kawula Muda bisa turut berpartisipasi dengan mengunggah logo, poster, maupun tagar #IND2022 ya! 

Selamat hari perawat internasional, Kawula Muda! 

Berita Lainnya