Diperingati Setiap 30 Agustus, Selamat Hari Hiu Paus Internasional!

Semoga gak makin banyak perburuan hiu paus ya, Kawula Muda :(

Hiu paus yang sedang berenang di laut dangkal (UNSPLASH/JEREMIAH DEL MAR)
Tue, 30 Aug 2022


Tanggal 30 Agustus 2022 menjadi tanggal yang secara spesial ditunjukkan kepada biota laut hiu paus. Bertujuan meningkatkan kesadaran tentang hiu dan paus, kini terdapat peringatan Hari Hiu Paus Internasional yang diperingati setiap tahun. 

Sebagai informasi, Hari Hiu Paus Internasional sudah mulai diperingati sejak 2008 lalu. Saat itu, diketahui terdapat perburuan hiu paus besar-besaran di laut.  

Hiu Paus (UNSPLASH/DOROTHEA OLDANI)

 

Hiu paus memang merupakan biota laut yang mudah ditangkap. Hal itu mengingat hiu paus suka berenang di perairan yang dangkal, berenang dengan lambat, serta bersifat jinak. 

Manusia pun kerap memburu hiu laut tersebut karena ingin mengambil daging serta sirip mereka. Hal tersebutlah yang menyebabkan penurunan populasi hiu paus dunia. Bahkan, populasi hiu paus telah menurun hingga 63 persen dalam 75 tahun terakhir. 

Di Indonesia pun sudah terdapat undang-undang yang secara khusus mengatur hal tersebut. Lewat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/Kepmen-Kp/2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus.

Apa Itu Hiu Paus?

Hiu paus merupakan salah satu anggota keluarga hiu. Dengan berat yang mencapai 20 ton dan tumbuh hingga 14 meter. 

Hewan ini pun memiliki 3.000 gigi kecil dengan panjang sekitar 5 mm yang berfungsi sebagai penyaring makanan. 

Walau berukuran besar, hiu paus merupakan salah satu hewan yang ramah terhadap hewan lainnya di laut. Adapun hiu jenis ini biasa ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia. 

Selain itu, hiu yang satu ini mengangkat banyak biota laut di tubuhnya, loh Kawula Muda! Sebut saja plankton, telur ikan, ikan kecil, dan cumi-cumi. Karena itu, tak heran, hiu paus memiliki porsi makan yang banyak. 

Berita Lainnya