Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Hingga 13 persen nih, Kawula Muda!

Ilustrasi pekerja yang bekerja sembari duduk. (FREEPIK)
Sun, 26 Jun 2022

Duduk adalah hal yang sering kita lakukan. Bagi pekerja kantoran, duduk selama 6 hingga 8 jam adalah hal yang lumrah. 

Namun, ternyata ada risiko berbahaya bagi Kawula Muda yang terlalu lama berada di posisi duduk. Sebuah penelitian menemukan bahwa duduk selama 6 hingga 8 jam sehari mampu meningkatkan kematian dini dan penyakit jantung.

via GIPHY

Penelitian tersebut dipimpin oleh Profesor Ilmu Kesehatan serta Akademi Ilmu Kedokteran asal Beijing. Adapun penelitian tersebut membahas tentang dampak duduk terlalu lama bagi kesehatan jantung. 

Dilakukan di 21 negara berpenghasilan rendah, ditemukan bahwa duduk selama 6 hingga 8 jam sehari dapat meningkatkan risiko sakit jantung hingga 12-13 persen!

“Pesan menyeluruh di sini adalah untuk meminimalkan seberapa banyak Anda duduk,” tutur Scott Lear, Profesor Ilmu Kesehatan Universitas Simon Fraser. 

Para peneliti pun mengingatkan untuk melakukan olahraga dan gerakan ringan di sela-sela waktu duduk. Dengan begitu, risiko tersebut dapat berkurang.

“Bagi mereka yang duduk lebih dari empat jam sehari, mengganti setengah jam duduk dengan olahraga untuk mengurangi risiko (kematian dini) hingga dua persen,” tambahnya. 

Berita Lainnya