Penelitian Terbaru Sebut Kucing Dapat Kenali Nama Kucing Lain

Kalo dipanggil pake nama lain, kucing lo nyaut ga si?

Kucing. (FREEPIK.COM)
Fri, 20 May 2022

Beberapa penelitian terdahulu telah menyebutkan kucing memiliki hubungan yang erat dengan manusia. Kini, penelitian terbaru juga mengungkap kucing memiliki hubungan dengan sesama kucing.

Hasil penelitian terbaru yang dipublikasi oleh Nature, kucing rupanya dapat mengingat nama kucing lain. Bahkan, mereka diklaim dapat mengingat nama manusia yang memelihara mereka. 

Kucing. (FREEPIK.COM)

 

“Apa yang kami temukan sangat mencengangkan. Kucing tampaknya tidak mendengarkan percakapan orang, tetapi pada kenyataannya, mereka melakukannya,” tutur peneliti ilmu hewan Saho Takagi dari Universitas Azabu di Jepang, dikutip dari Sciencealert pada Jumat (20/05/2022). 

Peneliti dari Universitas Kyoto pada awalnya mengamati beberapa kucing di lingkungan dengan berbagai kategori kucing, mulai dari kucing domestik hingga kucing di kafe kucing. Inti dari pemilihan lingkungan tersebut adalah mencari lokasi yang membuat kucing banyak berinteraksi dengan manusia. 

Selama masa penelitian, para peneliti merekam suara pemilik kucing yang memanggil nama kucing-kucingnya. Selain itu, mereka turut menyiapkan beberapa foto kucing.

Hasil tesnya menunjukkan para kucing akan merespons ketika mendengar nama mereka dipanggil. Mereka bahkan menanggapi ketika orang asing memanggil nama mereka. 

Namun, ketika nama kucing lain yang dipanggil, para kucing terlihat mengamati foto kucing yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil lainnya adalah kucing rumahan menghabiskan waktu lebih lama mengamati foto kucing lainnya tersebut bila dibandingkan dengan kucing di cafe,

Hipotesis dari peneliti adalah para kucing rumahan mungkin lebih familiar dengan kucing lain yang juga tinggal di rumah mereka. Hal ini berbeda dengan kucing pada kafe yang dikelilingi oleh banyak kucing sehingga sulit untuk mengingat nama mereka semua sekaligus. 

Berita Lainnya