Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Sedunia 2022, Apa Tema Tahun Ini?

Selamat hari perempuan sedunia, Kawula Muda!

Google Doodle peringati Hari Perempuan Sedunia (GOOGLE)
Tue, 08 Mar 2022



Tepat pada Selasa (08/03/2022), Google Doodle menunjukkan foto ilustrasi perempuan-perempuan di seluruh dunia. Doodle tersebut rupanya merupakan bentuk peringatan Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day/IWD) yang dirayakan pada 8 Maret setiap tahunnya.

Jika di klik, doodle tersebut akan menayangkan berbagai aktivitas perempuan di seluruh dunia. Ada yang menjadi ibu rumah tangga, dokter, petani, desainer, montir, hingga fotografer alam liar. 


Salah satu ilustrasi yang ditampilkan Google Doodle pada Selasa (08/03/2022) (GOOGLE)

 

Hal itu seolah melambangkan kesetaraan perempuan di dunia. Tidak seharusnya dunia mengatur bagaimana perempuan bertindak karena bias yang ada. Misalnya ungkapan ‘perempuan seharusnya menjadi ibu rumah tangga’ ataupun adanya stigma suatu pekerjaan hanya boleh dilakukan oleh laki-laki,

Padahal, sebenarnya perempuan boleh-boleh saja memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Namun, ia juga boleh menjadi montir hingga fotografer alam liar. 

Persoalan bias gender tersebut lah yang diangkat menjadi tema IWD tahun ini. Dikutip dari laman resminya, IWD tahun ini mengusung tema #BreakTheBias “Gender equality for a sustainable tomorrow” (Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan). 

Artinya, dunia yang diharapkan adalah wadah bagi perempuan yang bebas dari bias gender, stereotip, serta diskriminasi. 

Sementara itu, IWD mulai dirayakan sejak awal 1900-an. Dikutip dari Kompas, pada 1908, terjadi kerusuhan serta penindasan besar-besaran kepada perempuan. Hal itu pun yang memacu mereka untuk bergerak dalam mengampanyekan perubahan. 

Pada tahun itu, hal-hal yang diperjuangkan oleh para perempuan adalah jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak bersuara. Perjuangan kesetaraan tersebut pun berlanjut hingga saat ini.

Tahun ini pun IWD mengadakan pose khusus yang menyatakan solidaritas untuk turut berpartisipasi memberhentikan bias tersebut. Pose tersebut menunjukkan kedua tangan bersilang di depan dada.

Kampanye media sosial tersebut tidak tertutup untuk perempuan saja ya, Kawula Muda! Namun, para pria yang mendukung kesetaraan gender juga dipersilahkan meramaikan kampanye tersebut.

Selamat hari perempuan sedunia, Kawula Muda! 

Berita Lainnya