Jakarta Masuk Daftar 20 Besar Kota Dengan Gaya Hidup Sehat

Riset ini dilakukan oleh lembaga riset YouGov yang berbasis di Inggris

Memasuki 2022, DKI Jakarta mengalami lonjakan kasus Omicron. (Unsplash)
Fri, 23 Sep 2022


Sebuah studi yang dilakukan oleh YouGov, sebuah lembaga riset dari Inggris ini mengeluarkan daftar kota dengan gaya hidup sehat. Terdapat 44 kota di seluruh dunia yang dianggap memiliki sistem dan kondisi yang memungkinkan masyarakatnya hidup sehat.

Menariknya, Jakarta masuk dalam 20 urutan teratas, ibu kota Indonesia ini bahkan berada di atas Tokyo, Paris hingga London yang memiliki peringkat jauh di bawah Jakarta.

Dilansir dari Lenstore, sebuah lembaga riset YouGov yang berbasis di Inggris baru saja merilis daftar puluhan kota di dunia yang memiliki gaya hidup sehat.

Daftar kota yang telah dirilis tersebut dipilih berdasarkan aspek yang menjadi indikator penilaian sebelum menentukan peringkat untuk kota dengan gaya hidup sehat ini, beberapa penilaiannya meliputi tingkat kebahagiaan, aktivitas luar ruangan, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, ada sekitar 10 indikator yang dijadikan acuan dalam memberikan penilaian, beberapa di antaranya ialah pengaruh tingkat polusi, kondisi lingkungan sekitar kita, pilihan gaya hidup, jam sinar matahari, tingkat kebahagiaan, fasilitas beraktivitas luar ruangan, biaya berlangganan pusat kebugaran setiap bulan, dan masih banyak lagi.

Dari penilaian tersebut, kota Jakarta berada di peringkat ke-17, Jakarta berada di bawah peringkat Toronto dan Madrid, yang menempati peringkat ke 15 dan 16.

Lebih lanjut, Jakarta berhasil mengungguli beberapa kota di negara maju lainnya seperti Seoul, Los Angeles, Boston, Tokyo, Paris, London, dan New York.

Ada beberapa indikator yang membuat Jakarta menempati posisi 17 sebagai negara dengan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah tingkat obesitas di Jakarta terbilang rendah yakni sebesar 6,9 persen. Di Jakarta memiliki angka harapan hidup yang agak tinggi yakni selama 68,5 tahun.

Beberapa jalan di sekitar Istana Merdeka akan ditutup selama satu jam untuk parade MotoGP (UNSPLASH/Eko Herwanto)

Sedangkan indikator lainnya ialah orang yang tinggal di Jakarta dianggap memiliki aktivitas di luar ruangan yang cukup banyak.

Jakarta tercatat memiliki 114 aktivitas luar ruang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, ada sebanyak 833 tempat yang dapat dikunjungi masyarakat untuk melakukan aktivitas luar ruang.

Sementara itu, kota yang menempati peringkat pertama sebagai kota dengan gaya hidup paling sehat ialah Amsterdam. Ibu kota Belanda yang dikenal sebagai salah satu kota paling ramah sepeda di dunia ini memiliki lebih dari 400 fasilitas aktivitas di luar ruangan untuk masyarakat.

Berikut daftar 20 kota dengan gaya hidup sehat di dunia:

1. Amsterdam

2. Sydney

3. Vienna

4. Stockholm

5. Copenhagen

6. Helsinki

7. Fukuoka

8. Berlin

9. Barcelona

10. Vancouver

11. Melbourne

12. Beijing

13. Bangkok

14. Buenos Aires

15. Toronto

16. Madrid

17. Jakarta

18. Seoul

19. Frankfurt

20. Geneva

Berita Lainnya