Kabar Gembira! Instagram Indonesia Luncurkan Fitur Pengawasan Orang Tua

Hai Kawula Muda, info penting nih buat para orang tua.

Ilustrasi aplikasi Instagram. (FREEPIK)
Sun, 18 Sep 2022

Instagram kembali memberikan layanan terbaiknya untuk penggunanya, terutama para orang tua di Indonesia.

Bekerja sama dengan kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemenpppa), Meta Indonesia selaku penyelenggara aplikasi Instagram di Indonesia meluncurkan fitur keamanan baru yaitu Pengawasan.

Peluncuran fitur baru ini bertepatan dengan kampanye #AnakIndonesiaAmanDigital yang dilakukan oleh Kemenpppa sekaligus sebagai bukti komitmen Meta Indonesia dalam berkontribusi untuk pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak Indonesia.

Fitur Pengawasan di Instagram merupakan fitur yang memungkinkan orang tua untuk saling terhubung dengan akun Instagram anak mereka. Tujuannya adalah sebagai jembatan untuk membuka komunikasi yang transparan ke anak-anak.

Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Putri Silalahi mengatakan bahwa ada tiga kapabilitas utama dari fitur Pengawasan di Instagram: (1) Durasi waktu; (2) Melihat daftar followers dan following; (3) Notifikasi real time.

“Dengan tiga kapabilitas tersebut saya berharap antara anak dan orang tua bisa terjalin komunikasi yang terbuka, pengertian, dan memantau apa yang terjadi dengan anak mereka secara real time,” jelas Putri.

Peluncuran kampanye Anak Indonesia Aman Digital. (INSTAGRAM/VERAITABHADIWIJOYO)

 

Cara kerja fitur Pengawasan 

Untuk menggunakan fitur ini, orang tua perlu mengirimkan undangan terlebih dahulu ke akun anak, atau sebaliknya anak bisa mengundang orang tuanya untuk mengawasi akun mereka.

Oleh karena itu, diperlukan adanya kesepakatan dari kedua belah pihak antara anak dan juga orang tua.

Cara mengaktifkan fitur ini, orang tua bisa masuk ke opsi “Settings” pada laman Instagram dan pilih Fitur Pengawasan. Kemudian klik pilihan “Buat Undangan” dan tuliskan nama akun Instagram anak mereka.

Setelah undangan orang tua di-approved oleh anak atau sebaliknya, maka kedua akun Instagram secara otomatis sudah terhubung.

Di sana, orang tua akan memiliki akses untuk mengatur durasi waktu pemakaian Instagram untuk anak, melihat daftar akun-akun yang diikuti, dan orang tua juga akan mendapat notifikasi secara real time jika anak mereka melaporkan sebuah akun atau konten di Instagram dengan alasan tertentu.

Sementara dalam tampilan Instagram anak, ia akan mendapatkan notifikasi bahwa akunnya sudah terhubung dan berada dalam fitur Pengawasan.

Untuk batas waktu bermain Instagram bisa diatur sesuka hati orang tua termasuk juga pilihan hari. Selain itu orang tua akan mendapatkan rekap jumlah waktu yang anak habiskan untuk bermain di Instagram setiap harinya lewat perangkat apapun.

Fitur Pengawasan di Instagram ini mulai diluncurkan untuk semua pengguna di Indonesia di aplikasi Instagram versi terbaru di Play Store atau App Store minggu ini.

Pelatihan akan dilakukan secara online dan offline seperti sesi kuliah di WhatsApp, Instagram Live bersama para pakar, dan kelas tatap muka.

Berita Lainnya