Kucing Disebut Tidak akan Masuk Surga, Ternyata Ini Alasannya!

Selain kucing, hewan lain juga disebutkan tidak bisa masuk surga

Kucing. (FREEPIK.COM)
Mon, 08 Aug 2022


Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak disukai orang. Bahkan untuk sebagian orang kucing sudah menjadi bagian hidupnya karena sudah dipelihara sedari kecil, juga kadang bisa jadi moodbooster saat stres.

Maka tidak heran jika ada orang yang sedih bahkan tidak jarang ada yang menangis saat kucing yang ia pelihara hilang atau mati.

Kucing merupakan salah satu hewan yang disukai oleh Nabi Muhammad. Tetapi banyak yang berpendapat bahwa kucing tidak bisa masuk surga.

Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua Tanfidziyah PBNU, Ahmad Fahrurrozi mengatakan bahwa kucing memang tidak bisa masuk surga. Akan tetapi hal tersebut bukan karena kucing merupakan hewan yang tidak layak masuk surga, tetapi karena semua hewan tidak bisa masuk surga.

"Yang harus dipahami itu, bukan hanya kucing (tidak masuk surga) semua hewan memang tidak masuk surga," kata pria yang kerap disapa Gus Fahrur.

Perbedaan kondisi di dunia dan di akhirat menjadi alasan mendasar mengapa kucing tidak bisa masuk surga. Kondisi di akhirat tidak bisa dicerna oleh akal manusia, pun dengan kondisi hewan saat di akhirat nanti.

Kucing. (FREEPIK.COM)

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Berikut hadis yang terdapat dalam kitab Tafsir Al Thabari tersebut:

إن الله يحشر الخلق كلهم، كل دابة وطائر وإنسان، يقول للبهائم والطيركونوا ترابًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua makhluk pada hari akhirat kelak. Yaitu setiap hewan, burung-burung, dan juga manusia. Lalu Allah berkata kepada hewan-hewan dan juga burung, 'Jadilah kamu tanah'."

Menurut Gus Fahrur, hadis tersebut begitu menjelaskan gambaran mengenai kondisi hewan di akhirat nanti.

"Hadis ini menjelaskan, kondisi hewan di akhirat berbeda dengan manusia. Surga itu memang hanya untuk makhluk Allah SWT yang beribadah," kata Gus Fahrur.

Kendati demikian, Gus Fahrur menyebutkan bahwa pemilik kucing masih bisa bertemu dengan kucingnya saat ia memintanya di surga. Karena Allah SWT bisa mengabulkan apapun keinginan hambanya yang beriman dan taqwa.

"Penghuni surga dijanjikan mendapat banyak kenikmatan, termasuk peluang tinggal bersama hewan kesayangan," kata dia.

Ucapan Gus Fahrur sendiri merujuk pada sebuah hadis, yang berbunyi:

يا رسول الله إني أحبّ الإبلَ فهل في الجنة إبل فقال يا أعرابيّ إنْ يُدْخِلْكَ اللهُ الجَنَّةَ إنْ شاءَ اللهُ فَفِيها ما اشْتَهَتْ نَفْسُكَ وَلَذَّتْ عَيْنَاك

Artinya:

"Wahai Rasulullah sesungguhnya aku mencintai unta. Adakah di surga nanti ada unta?" Lalu Nabi SAW. menjawab, "Wahai Arab Badui, sekiranya Allah memasukkan kamu ke dalam surga Insya Allah, maka di dalamnya terdapat apa saja yang kamu kehendaki dan melezatkan pemandangan matamu."

Berita Lainnya