Manfaat Memanah untuk Kesehatan

Hai Kawula Muda, meski terlihat tak melakukan banyak gerakan, ternyata olahraga memanah memilki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lho.

Olahraga memanah banyak manfaatnya bagi kesehatan. (FREEPIK)
Tue, 11 Aug 2020

Tidak hanya sesederhana mengarahkan anak panah menuju target, olahraga memanah membutuhkan ketelitian, kontrol, fokus, dan kemampuan fisik.

Olahraga yang mampu membakar kalori dan membuat kondisi pikiran menjadi lebih bijak ini juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memanah untuk kesehatan.

Meningkatkan kekuatan tubuh

Memanah sering dianggap sebagai olahraga yang tidak banyak melibatkan gerakan tubuh. Padahal sesungguhnya, untuk menarik tali busur bukanlah hal yg mudah.

Tak hanya melibatkan lengan dan bahu, gerakan ini juga melatih otot inti di punggung perut dan panggul. Latihan ini bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Saat membidik sasaran, di sinilah dilatih kemampuan mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Meningkatnya koordinasi ini akan bermanfaat untuk kegiatan lain yang juga membutuhkan koordinasi.


Olahraga memanah melatihan kelenturan dan kekuatan jari. (FREEPIK)

 

Meningkatkan fleksibilitas jari

Jika ingin meningkatkan fleksibilitas jari, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga panahan ini. Dengan panahan, jari-jari akan menjadi kuat.

Mendukung program diet

Berolahraga panahan selama 30 menit akanmembakar sekitar 140 kalori tubuh. Karena itu, olahraga ini juga bagus untuk membakar lemak yang tidak diinginkan, sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Manfaat olahraga panahan juga tak selalu bersifat fisik. Beberapa di antaranya bersifat psikologis.

Aktivitas memanah mengharuskan seseorang menyaring gangguan yang ada di sekitar. Hal itu membuat oarng harus fokus pada target dan anak panah.


Memanah dapat melatih fokus pada target sasaran, (FREEPIK)

 

Menghilangkan stres

Tak beda dengan olahraga lainnya, memanah juga dipercaya mampu menghilangkan stres. Memanah dapat dijadikan sarana untuk bersenang-senang dan melepas penat. Saat membidik target bisa juga menganggapnya sebagai masalah yang ingin dihancurkan.

Melatih kesabaran dan kepercayaan diri 

Mengarahkan anak panah pada target yang tepat dibutuhkan keterampilan dan waktu yang tidak sebentar atau terburu-buru. Otomatis itu akan membuat kita terlatih menjadi pribadi yang sabar dan mampu mengendalikan emosi.

Dengan meningkatnya kesabaran dan pengendalian diri juga akan meningkatkan rasa percaya diri.

Memanah adalah olahraga individu yang memungkinkan seseorang untuk menjadi sangat kompetitif, sehingga selalu ingin melakukan yang terbaik.

Mengurangi perilaku kompulsif

Manfaat secara psikis lainnya, olahraga ini dapat membantu mengurangi pemikirian kompulsif, yaitu tindakan tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan dari obsesi yang muncul.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Olahraga ini juga dapat membantu kita untuk bersosialisasi. Orang dari segala usia dapat menikmati olahraga ini. Bersosialisasi berpengaruh baik untuk kesehatan mental.

Membuat tubuh lebih rileks

Melepaskan anak panah, melihatnya terbang menuju target, dan mengenai sasaran, ternyata bisa merilis kepenatan yang sedang dirasakan.

Menciptakan keseimbangan dan kontrol tubuh yang lebih baik

Jika otot inti yang ada di dalam tubuh sudah terlatih karena olahraga panahan yang dilakukan, keseimbangan tubuh otomatis dapat terjaga dengan baik.

Perlu diketahui, otak kecil mengirimkan neurotransmitter ke otot-otot yang diperlukan untuk membuat tubuh tetap stabil.

Berita Lainnya