Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan Rambut

Hai Kawula Muda, air cucian beras ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut lho!

Beras memiliki banyak manfaat. (FREEPIK)
Sun, 09 Aug 2020

Menurut beberapa penelitian, air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk kesehatan dan keindahan rambut.

Dikutip dari Medical News Today, air beras diduga mengandung vitamin dan mineral seperti Asam Amino, Vitamin B, Vitamin E, dan Antioksidan.

Disebutkan juga, dalam sebutir beras mengandung 75 hingga 80 persen pati. Karenanya, air beras adalah air tepung yang tersisa setelah direndam atau dimasak.


Menggunakan air cucian beras untuk kesehatan rambut bukanlah hal yang baru. Wanita Jepang kuno menyatakan bahwa rahasia perawatan rambut mereka ialah air cucian beras.

Sebuah hasil penelitian pada 2010 menyatakan bahwa air cucian beras dapat mengurangi gesekan antarpermukaan dan dapat meningkatkan elastisitas rambut.

Sayangnya, kesimpulan penelitian tersebut bersumber dari contoh-contoh historis sehingga belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa inositol atau bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam. Hal itu akan berefek pada kesehatan dan keindahan rambut.

Inositol juga mampu membantu melindungi rambut dari kerusakan yang akan terjadi. Sayangnya lagi, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mendukung bukti ilmiah.

Cara menyiapkan air beras

Ada beberapa cara untuk mendapatkan air beras yang berkhasiat, yaitu:

1. Merendam beras

  • Ambil setengah cangkir beras, cuci bersih.
  • Masukkan beras ke dalam mangkuk, tambahkan 2-3 cangkir air.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

2. Difermentasi

Sebuah penelitian pada 2012 menyatakan bahwa zat yang difermentasi memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi. Antioksidan dalam air cucian beras yang difermentasi dipercaya dapat mencegah dan melawan kerusakan sel rambut dan kulit.

Cara menfermentasi air beras adalah ikuti Langkah 1 hingga 4 pada cara merendam beras. Selanjutnya diamkan beras yang direndam selama dua hari pada suhu kamar. Setelah itu, saring beras ke dalam mangkuk bersih.

3. Memasak beras

  • Masukkan setengah cangkir air beras dalam panci.
  • Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasa saat memasaknya.
  • Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

Cara pakai air cucian beras untuk rambut

Berikut ini cara mendapatkan manfaat optimal air cucian beras.


Merawat rambut agar sehat. (FREEPIK)

 

  • Cuci rambut dengan sampo, bilas sampai bersih.
  • Tuangkan air beras yang berfungsi sebagai kondisioner ke rambut secara perlahan dan menyeluruh.
  • Pijat kulit kepala dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas rambut dengan air hingga bersih.

Untuk perawatan, gunakan air beras dua kali dalam seminggu. Setelah satu bulan, umumnya kalian akan merasakan ada perubahan di rambut.

Enggak percaya? Silakan buktikan sendiri ya.

Berita Lainnya