Mengenal DuckDuckGo: Alternatif Mesin Pencarian Aman dan Privat

Sudah tahu soal DuckDuckGo belum, Kawula Muda?

Apa itu DuckDuckGo yang diklaim privat, aman, dan tidak men-track aktivitas pengguna? (UNSPLASH)
Tue, 20 Jun 2023

Kawula Muda, sudah tahu soal DuckDuckGo, belum? DuckDuckGo adalah mesin pencari (search engine) yang bisa membantu lo mengakses situs yang lo tuju.

Sama seperti Google, Yahoo, atau Bing, DuckDuckGo bisa menjadi salah satu pilihan yang memiliki banyak kelebihan dan performa yang cukup baik, loh.

DuckDuckGo dianggap menjadi jawaban bagi para pengguna yang ingin berselancar di dunia maya. Pasalnya, beberapa mesin pencari atau search engine memiliki kelemahan, terutama di ranah privasi.

DuckDuckGo diketahui memanfaatkan celah keamanan tersebut dan mengklaim bahwa mereka adalah ‘mesin pelacak yang tidak akan melacakmu’ dan menjadikannya sebagai private browser yang menarik.

Mengenal DuckDuckGo, Private Browser yang Diklaim Aman Bagi Pengguna

Mengenal DuckDuckGo, mesin pencari yang mengutamakan privasi pengguna (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang menjaga privasi dan keamanan penggunanya. Dengan DuckDuckGo, para pengguna tidak harus membuat akun pribadi, alamat IP, dan juga cookie.

Apakah lo pernah bertanya-tanya, mengapa rekomendasi yang muncul setelah lo mencari sesuatu akan sama?

Nah, itulah yang disebut filter bubble. Filter bubble sendiri digunakan oleh mesin pencari lain yang berfungsi menampilkan rekomendasi sesuai dengan riwayat pencarian penggunanya.

Sedangkan, DuckDuckGo tidak menggunakan filter bubble tersebut, Kawula Muda. Hal ini menyebabkan data yang tampil akan sama ke seluruh penggunanya dan tidak akan disesuaikan dengan riwayat dan preferensi para pengguna.

Fitur tersebut diakui menjadi fitur unggulan dari DuckDuckGo yang menjaga privasi dan kepercayaan penggunanya.

DuckDuckGo yang dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan tim tersebut mengklaim akan menomorsatukan privasi dari para penggunanya, Kawula Muda.

Saat ini, perkembangan DuckDuckGo cukup pesat, loh. Diketahui, DuckDuckGo juga berkolaborasi dengan browser lain, seperti Firefox dan Safari.

DuckDuckGo juga diketahui menjalin kemitraan dengan Linux dan memiliki aplikasi yang tersedia di Android dan IOS.

Menariknya, tidak hanya hasil pencarian yang tidak dipersonalisasi, loh. Dengan DuckDuckGo, iklan juga tidak akan didasarkan pada algoritma pengguna, Kawula Muda.

DuckDuckGo juga dilengkapi dengan fitur nonaktifkan iklan yang membuat para pengguna akan merasa lebih nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan DuckDuckGo

Mengenal DuckDuckGo, mesin pencari yang mengutamakan privasi pengguna (MASHABLE)

Hadir sebagai pilihan browser yang aman untuk para pengguna yang kerap merasa tidak nyaman dengan ‘mata-mata’ yang mempersonalisasi browser, DuckDuckGo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan untuk lo, Kawula Muda.

Kelebihan DuckDuckGo

1. Hasil pencarian akan serupa

2. Tidak melacak pengguna

3. Tampilan iklan lebih sedikit

4. Tidak ada Google remarketing atau Google Ads saat membuka situs web

5. Mudah digunakan

6. Up to date dan selalu berkembang

7. Hasil pencarian tidak dipecah ke dalam beberapa laman

8. Menyediakan alat dan extension untuk menjaga privasi

Kekurangan DuckDuckGo

1. Meski memiliki fitur unggulan, seperti ‘!bangs’ yang dapat menampilkan hasil pencarian di website lain secara langsung, para pengguna harus menggunakan tanda ‘!’

2. Fasilitas kurang lengkap, hanya sebagai mesin pencari

3. Tidak memberikan rekomendasi terdekat akibat tidak memiliki filter bubble

Kawula Muda, itulah segala hal yang harus lo tahu dengan DuckDuckGo. Saat ini, banyak pilihan mesin pencari yang bisa lo pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi lo. Lo sendiri, sudah pernah coba DuckDuckGo, belum?

Berita Lainnya