Menurut Studi Cium Aroma Tubuh Pasangan Bisa Hilangkan Stres

Berarti pasangan lo bisa obati rasa stres, nih!

Ilustrasi mencium aroma tubuh pasangan (UNSPLASH)
Wed, 01 Feb 2023


Sebuah penelitian ilmiah menemukan, jika mencium aroma tubuh pasangan dapat memberikan sisi positif, yakni meredakan rasa stres dan lebih bahagia.

Hal tersebut diungkap peneliti dalam Journal of Personality Social Psychology mengungkapkan bahwa mencium aroma tubuh pasangan mampu menurunkan kadar stres tubuh wanita secara signifikan.

Penelitian ini mengambil 96 wanita untuk mencium beberapa macam baju pria dengan menutup mata. Berbagai tipe baju yang diberikan, yaitu baju pasangannya, baju pria lain, dan baju yang belum pernah dipakai sama sekali.

Sebelumnya, para pria diminta untuk memakai baju tersebut selama 24 jam tanpa pakai deodoran, parfum, atau produk lain yang berbau.

Melalui tes itu, para wanita yang mencium baju dengan aroma tubuh pasangannya mengalami penurunan kadar stres, dibandingkan mencium aroma baju lain, Kawula Muda.

Ilustrasi mencium aroma tubuh pasangan (UNSPLASH)

Wanita-wanita itu mengenali bau pasangannya dan bahkan mengaku stresnya berkurang. Melalui hasil tersebut, peneliti menyimpulkan, efek dari pasangan, bahkan saat ia tidak ada, akan lebih kuat buat untuk wanita.

Peneliti juga menyebut bahwa hal semacam ini terjadi karena proses evolusi. Ada beberapa orang yang takut pada orang asing, apalagi orang tersebut adalah pria.

Di sisi lain, peneliti berasumsi jika wanita memiliki penciuman yang lebih baik dan lebih terpengaruh oleh bau. Saat ini pun, belum ada penelitian terkait apakah aroma pasangan wanita dapat menenangkan si pasangan pria nya.

Dilihat dari studi ilmiah, mengutip pada laman VOI, Selasa (31/01/2023), aroma keringat pria yang keluar setelah beraktivitas memiliki kandungan kimia alami yang disebut feromon.

Efek dari pria yang mengeluarkan aroma feromon, dapat membuat hormon wanita lebih seimbang.

Jadi, kalau lo ingin melepas stres dan merasa lebih bahagia, coba cium aroma tubuh pasangan lo, Kawula Muda.

Berita Lainnya