Pempek Masuk Jajaran Makanan Seafood Terenak Sedunia Versi Taste Atlas

Lagi-lagi makanan khas Indonesia yang jadi terenak, nih!

Pempek masuk ke-5 besar makanan olahan seafood terbaik versi Taste Atlas (YOONA.ID)
Fri, 10 Mar 2023


Makanan khas Indonesia kembali jadi sorotan dunia. Kali ini ada pempek yang jadi salah satu makanan seafood terbaik di dunia versi Taste Atlas.

Makanan khas Palembang, Sumatera Selatan itu bahkan kalah dari Jepang, Finlandia, dan Yunani.

Dikutip dari laman Taste Atlas, Jumat (10/03/2023), mereka merilis 100 kuliner olahan seafood terbaik di dunia. Pempek ada di peringkat ke-5 dengan rating 4,7.

Pempek adalah makanan yang diolah dari ikan dengan metode digoreng, bakar atau kukus. Makanan pempek terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung tapioka.

Pempek masuk ke-5 besar makanan olahan seafood terbaik versi Taste Atlas (COOKPAD.COM)

Selain menjadi makanan olahan seafood terbaik, Taste Atlas juga menulis bahwa pempek berada di nomor tiga sebagai gorengan paling enak di dunia, peringkat tujuh camilan terenak di dunia.

Enggak sampai di situ, pempek juga masuk dalam olahan ikan paling enak di dunia, serta street food asal Sumatera ternak di peringkat ke-13 untuk keduanya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 10 makanan seafood terbaik di dunia versi Taste Atlas:

1. Gambas al ajillo, Spanyol

Makanan ini merupakan makanan sajian pembuka asal Spanyol yang terbuat dari udang dan dimasak dengan tumisan bawang putih, jus lemon, dan paprika.

Biasanya, orang Spanyol menikmati Gambas al ajillo dengan roti kering peterseli cincang sebagai pelengkap.

2. Mixed ceviche, Peru

Ini merupakan makanan yang terbuat dari campuran seafood seperti udang, cumi-cumi, kerang, serta kepiting.

Pembuatan makanan ini direndam terlebih dulu dalam garam, jus lemon, air jeruk nipis, jus seledri, bawang bombai, dan ketumbar.

3. Ameijoas a bulhao pato, Portugal

Hidangan ini sudah ada sejak lama pada abad ke-19 yang namanya diambil dari penyair, Raimundo Antonio de Bulhao Pato. Ameijoas a bulhao pato adalah olahan kerang dan ditambah pelengkap yaitu roti.

4. Stir fry shrimp, China

Selanjutnya datang dari Asia, nih Kawula Muda. Makanan udang tumis ini adalah salah satu masakan China yang populer di sana apalagi saat perayaan Imlek.

Udang yang dimasak dengan kaldu ayam, minyak wijen, gula, cuka hitam, dan anggur adalah makanan yang juga jadi populer di China.

5. Pempek

Berasal dari Padang, Sumatera Selatan, pempek mendapatkan posisi ke-5 sebagai makanan seafood terenak versi Taste Atlas. Pempek pun memiliki beragam jenis, seperti kapal selam, lenjer, adaan, kripik, dan pempek kulit.

6. Espetos, Spanyol

Di Spanyol, Espetos sering didapati di bar pantai sana. Makanan sarden ini dipanggang di atas api terbuka dan disajikan dengan minuman ringan serta bir.

7. Maguro nigiri sushi, Jepang

Maguro nigiri sushi adalah makanan yang terbuat dari nasi dan irisan ikan tuna di atasnya. Sama halnya seperti sushi lain, makanan ini disajikan dengan kecap.

8. Loimulohi, Finladia

Loimulohi adalah sajian ikan asap yang dimasak di atas kayu bakar terbuka dengan metode tradisional. Jenis ikan yang biasanya untuk loimulohi adalah salmon dan rainbow trout.

9. Vieiras en su concha, Spanyol

Pembuatan makanan yang terbuat dari kerang ini dimasak dengan bawang putih, bawang merah, saus tomat, dan tak lupa garam. Orang Spanyol menyantapnya dengan remah roti dan peterseli.

10. Oktapodi sta karvouna, Yunani

Makanan Yunani dibuat dari gurita yang dicampurkan dengan minyak zaitun, anggur merah, lalu dimasak di atas arang hingga matang.

Itu dia makanan seafood terenak di dunia versi Taste Atlas termasuk pempek. Masuk jadi salah satu makanan favorit lo enggak?

Berita Lainnya