Peneliti Sebut Pelihara Anjing dapat Kurangi Rasa Sakit

Karena mengurangi kekhawatiran, Kawula Muda!

Anjing, salah satu hewan peliharaan. (FREEPIK)
Sun, 17 Jul 2022

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang digemari banyak orang. Rupanya, memang banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila lo memelihara anjing loh, Kawula Muda!

Salah satunya pun disebut dalam studi yang dilakukan oleh One Health and Wellnesss mengutip CNNIndonesia. Ditemukan bahwa anjing mampu menjadi teman yang mengurangi rasa sakit bagi manusia, loh!

via GIPHY

“Penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan merupakan bagian penting dari kesehatan kita,” tutur kepala penelitian tersebut, Colleen Dell. 

Hal itu dikarenakan hewan peliharaan dapat memberikan motivasi, rutinitas, hingga ikatan yang mendukung kesehatan manusia. 

Adapun penelitian tersebut melibatkan lebih dari 200 pasien di ruang gawat darurat. Sebelumnya, mereka telah melaporkan tingkat rasa sakit yang dialami dalam skala 1 hingga 10. 

Hasilnya, pasien yang bersama-sama dengan anjingnya selama 10 menit melaporkan rasa sakit yang lebih sedikit. Walau begitu, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasil penelitian itu. 

“Hasil penelitian ini menjanjikan. Namun, pemahaman kami saat ini tentang efek kunjungan anjing di unit gawat darurat cukup terbatas. Jadi, sangat penting untuk melakukan lebih banyak penelitian di bidang ini,” tambahnya.

Hal yang sama pun disebut oleh praktisi perawat yang berbasis di Kanada, Mike MacFadden. Ia mengatakan bahwa terdapat potensi untuk menggunakan anjing sebagai bagian perawatan di ruang gawat darurat. 

Ruang gawat darurat memang memiliki citra yang menyeramkan. Suara desing alat yang terdengar, bau alkohol yang menyengat, serta ramainya petugas kesehatan seolah menginformasikan bahwa orang tersebut berada dalam situasi yang rentan kesehatannya. 

Karena itulah, ditakutkan para pasien mengalami kecemasan berlebihan yang justru memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Berita Lainnya