Penelitian Sebut Orang Masih Pakai Masker karena Merasa Lebih Cakep

Kawula Muda, lo termasuk tim yang masih pakai masker agar terlihat kece enggak, nih?

Miss Universe Korea 2022, Hanna Kim, mengaku dirinya khawatir wajahnya akan terlihat berbeda jika menggunakan atau melepas masker (INSTAGRAM/hanna.ming)
Thu, 09 Feb 2023


Banyak ahli kesehatan mengungkapkan jika saat ini penggunaan masker sudah lebih longgar, Kawula Muda. Diketahui, masyarakat sudah boleh melepas masker, baik di dalam atau di luar ruangan. Namun faktanya, studi atau penelitian terbaru dari Korea Selatan menemukan bahwa banyak orang memilih tetap pakai masker agar terlihat lebih cakep.

Di era pasca-pandemi Covid-19, studi yang dipublikasikan di Frontiers Psychology tersebut menunjukkan, 4 dari 10 orang Amerika masih memilih untuk memakai masker meski sudah tidak diwajibkan. Mereka mengaku memakai masker untuk menutupi wajah mereka, selain untuk mencegah tertular virus.

Para personil BTS enggan lepas masker di ruang terbuka, tampilannya terlihat lebih keren dan stylish (VOGUE)

Peneliti dari Seoul National University yang melakukan penelitian tersebut lalu menguji tiga eksperimen yang dilakukan pada orang Amerika dari Amazon Mechanical Turk, situs crowdsourcing untuk bisnis.

Percobaan tersebut melibatkan lebih dari 1000 partisipan dari Amazon Mechanical Turk. Dari 45 persen laki-laki dan rentang usia 33 tahun, sebagian dari mereka diarahkan seolah-olah sedang pergi ke wawancara kerja, sebagian lainnya akan mengajak jalan-jalan seekor anjing, dan sebagian lainnya diuji tentang dampak pemakaian masker pada kepercayaan diri.

Masing-masing peserta diberi dua pertanyaan, “Dalam skenario ini, apakah menurut lo orang lain akan menganggap lo lebih menarik dengan masker?" dan "Seberapa besar keinginan lo untuk membuat kesan pertama yang baik pada orang lain?"

Hasilnya, ada hubungan daya tarik yang dirasakan dengan pemakaian masker yang dapat meningkatkan persepsi kepercayaan diri dan kompetensi tampilan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pemakaian masker dapat berubah dari tindakan perlindungan diri selama pandemi Covid-19 menjadi taktik presentasi diri di era pasca pandemi," tulis peneliti tersebut seperti yang dikutip dari CNN.

“Dengan demikian, temuan baru kami menunjukkan bahwa dampak daya tarik yang dirasakan diri sendiri hanya signifikan dalam situasi di mana seseorang termotivasi untuk tampil berkesan," tulis peneliti.

Kawula Muda, lo termasuk tim yang setuju dengan hasil penelitian soal memakai masker bisa membuat lo lebih cakep enggak, nih?

Berita Lainnya