Selain Susu Segar, Ini 7 Jenis Susu Lainnya yang Ada di Dunia

Kawula Muda, kalau kalian penggemar minuman susu, wajib tahu jenis-jenisnya berikut ini.

Susu. (FREEPIK.COM)
Mon, 10 Aug 2020

Karena rasanya yang enak, segar, dan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, susu menjadi salah satu minuman favorit yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Bahkan, di Indonesia susu masuk menjadi minuman yang wajib dikonsumsi sebagai nutrisi kelima untuk pola makan bergizi yang digaungkan sejak 1955, yaitu 4 Sehat 5 Sempurna.

Selain susu segar, susu memiliki banyak jenis lain yang dibedakan berdasarkan kandungan lemak dan proses produksinya serta asalnya (susu hewani dan susu nabati). Berikut 7 jenis susu yang ada di dunia.

1. Susu pasteurisasi

Jenis susu ini melewati proses pasteurisasi yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan mikro organisme seperti virus, bakteri, serta protozoa yang dapat memunculkan patogen.

2. Susu skim

Susu skim merupakan yang paling encer dari yang lainnya. Susu yang juga disebut susu bebas lemak ini mengandung 80 kalori dengan sembilan nutrisi, salah satunya 8 gram protein berkualitas tinggi.

3. Susu UHT

Ultra High Temperature (UHT) adalah susu yang dioleh dengan proses sterilisasi dengan suhu yang tinggi sekitar 140-145 derajat celcius dalam waktu 5 detik saja. Proses ini dilakukan bertujuan untuk membunuh semua mikroorganisme di dalam susu, termasuk spora.

4. Susu full cream

Susu. (FREEPIK.COM)

 

Susu full cream juga dapat disebut sebagai susu lemak tinggi. Seperti namanya, susu full cream memiliki rasa dan tekstur yang paling creamy dibandingkan dengan susu jenis lain.

5. Susu evaporasi

Jeni susu ini kerap dijadikan sebagai pengganti krim dalam berbagai makanan dan minuman, seperti thai tea, sup, dan soto. Dari bentuknya, susu ini mirip dengan susu kental, namun tanpa pemanis.

6. Susu organik

Susu. (FREEPIK.COM)

 

Jenis ini merupakan jenis susu yang berasal dari sapi yang tidak diberi tambahan hormon dan diproduksi dengan proses sederhana, yakni hanya menggunakan pestisida dan pupuk organik.

7. Susu bebas laktosa

Susu ini diperuntukkan untuk orang-orang yang ingin minum susu tetapi alergi dengan laktosa. Kandungan susu bebas laktosa sama dengan jenis yang lainnya, ada kalsium, fosfor, dan vitamin B12. Soal protein, terdapat sekitar 8 gram protein dalam satu gelas susu bebas laktosa.

Berita Lainnya