Sering Lihat, Tetapi Enggak Paham, Apa Itu e.g, i.e, dan etc?

Kawula Muda, pernah dengar tiga akronim ini?

Ilustrasi seorang perempuan muda mengajukan pertanyaan. (FREEPIK)
Tue, 14 Jul 2020

Kerap digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris, kepanjangan dari tiga akronim e.g, i.e, dan etc ternyata bukanlah kosakata Bahasa Inggris.

Tiga akronim tersebut adalah Latin Abbreviations atau singkatan Bahasa Latin yang digunakan untuk melengkapi kalimat dalam Bahasa Inggris.

Sebelum menggunakan tiga akronim ini ketika berbicara Bahasa Inggris, sebaiknya pahami dulu arti dan kepanjangannya.

Berikut penjelasan dan arti dari akronim e.g, i.e, dan etc.

1. e.g

e.g merupakan akronim dari "exempli gratia" yang berarti "for example" atau "contohnya". Singkatan ini dapat digunakan ketika memberikan contoh sebagai pelengkap dari pernyataan.

Contoh penggunaan:

- I love animals, e.g tiger, cat, dog, and rabbit! (Saya cinta binatang, contohnya harimau, kucing, anjing, dan kelinci)

- I can play a few musical instruments, e.g drum, piano, and guitar. (Saya bisa memainkan beberapa alat musik, contohnya drum, piano, dan gitar)

2. i.e

i.e merupakan akronim dari id est yang berarti "that is" atau "yakni". Singkatan ini digunakan sebagai penjelas suatu kalimat dan tak ada kaitannya dengan contoh.

Contoh penggunaan:

- I dare my self by drinking something that I hate, i.e apple juice. (Saya menantang diri saya sendiri untuk meminum sesuatu yang saya benci, yakni jus apel)

3. etc

etc merupakan akronim dari "et cetera" yang berarti "and so forth" atau "dan lain-lain, dan sebagaianya". Singkatan ini digunakan untuk menunjukkan bahwa ada tambahan dari apa yang sudah dinyatakan.

Contoh penggunaan:

- My brother sells some of stationary like pencil, pen, book, eraser etc. (Adik saya menjual beberapa alat tulis seperti pensil, pena, buku, penghapus, dan sebagainya)

Nah, jadi itu penjelasan dari e.g, i.e, dan etc ya! Semoga dipahami dan dapat diaplikasikan ketika berbahasa Inggris.

Berita Lainnya