Simak Arti Singkatan Gaul Bahasa Inggris, Ada AFK, ASAP, BRB, OTW hingga WDYT

Biar lo gak mati gaya, Kawula Muda!

Ilustrasi belajar singkatan berbahasa Inggris (ISTOCK)
Sat, 11 Feb 2023

Dalam percakapan di dunia nyata maupun media sosial, tak jarang istilah singkatan gaul bahasa Inggris digunakan. Biasanya, kata-kata tersebut banyak digunakan oleh para anak muda di Indonesia. 

Pada awalnya, sebenarnya singkatan-singkatan berbahasa Inggris tersebut hadir untuk menyingkat waktu. Namun, hal itu malah menjadi budaya tersendiri di masyarakat sehingga kerap menggunakannya di percakapan sehari-hari.

Agar komunikasi lo dapat berlangsung dengan lancar, tentu ada baiknya lo mengetahui arti dari singkatan gaul nan kekinian tersebut. Berikut beberapa di antaranya ya, Kawula Muda! 

Ilustrasi singkatan berbahasa Inggris (UNSPLASH/RYAN WALLACE)

 

- AFAIK (as far as I know) memiliki arti sejauh yang saya ketahui. Singkatan ini biasanya digunakan saat ingin berbagi informasi yang kita ketahui kepada orang lain.

- AFK (away from keyboard) akan pergi dari gadget. Singkatan ini sering digunakan saat seseorang yang sedang online dan ingin pergi untuk sementara waktu dari gadget tersebut.

- BRB (be right back), yang memiliki arti segera kembali. Berbeda dengan AFK yang dapat berdurasi lama, BRB digunakan ketika ingin pergi dari gadget dalam waktu yang sebentar. 

- ASAP (as soon as possible) memiliki arti secepatnya. Misalnya saja ketika lo meminta sesuatu terhadap orang lain dan berharap hal itu dapat dikerjakan segera. 

- OMG (oh my God!) merupakan arti ‘ya Tuhan’. Singkatan ini biasanya digunakan saat seseorang sedang terkejut. 

- AKA (as known as) memiliki arti seperti yang diketahui. Singkatan ini memiliki makna yang mirip dengan AFAIK tetapi biasanya digunakan untuk hal yang diketahui secara umum. 

- FYI (for your information) merupakan singkatan yang sering digunakan di awal kalimat untuk memberikan informasi tertentu. 

- ANW (anyway) memiliki arti omong-omong atau bagaimanapun sehingga dapat digunakan saat ingin memulai pembicaraan atau mengalihkan pembicaraan dari satu topik ke topik lainnya. 

- BTW (by the way) yang memiliki arti omong-omong. Penggunaan singkatan ini mirip dengan ANW. 

- IMO (in my opinion) memiliki arti menurut pendapat saya. Lo dapat menggunakan singkatan ini saat sebelum ingin menyampaikan pendapat.

- OOT (out of topic) memiliki arti di luar topik. Singkatan ini dapat digunakan untuk mengingatkan peserta diskusi agar fokus topik utama. Selain itu, OOT juga bisa digunakan saat seseorang ingin memberikan informasi tertentu di luar topik pada sebuah grup percakapan. 

- TBH (to be honest) memiliki arti sejujurnya. Singkatan ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa informasi yang kita sampaikan adalah informasi yang tidak dibuat-buat dan biasanya digunakan di awal kalimat.

- CMIIW (correct me if I’m wrong) memiliki arti koreksi jika saya salah. Istilah ini biasanya digunakan ketika lo kurang yakin atau ragu-ragu dengan apa yang lo bicarakan, Kawula Muda! 

- YOLO (you only life once) memiliki arti hidup hanya sekali. Istilah ini dapat digunakan agar seseorang lebih berani mengambil risiko dan melakukan hal yang sangat diinginkan, Kawula Muda!

- COD (cash on delivery) memiliki arti bayar di tempat. Misalnya ketika menggunakan fasilitas belanja online, COD merupakan proses saat konsumen pembayaran setelah barangnya diterima. 

- DIY (do it yourself) memiliki arti lakukan sendiri. Singkatan ini sering digunakan saat seseorang menyebutkan bahwa kerajinan atau hasil karya yang ia miliki adalah buatan sendiri. 

- DM (direct message), yang memiliki arti pesan langsung. Istilah ini juga merupakan salah satu fitur di media sosial Instagram yang dapat digunakan untuk mengirim pesan secara pribadi. 

- FGD (focus group discussion) memiliki arti fokus diskusi kelompok. Singkatan ini umum digunakan saat ingin membahas suatu topik spesifik tertentu dalam sebuah grup diskusi secara bersama-sama. 

- KEPO (knowing every particular object) memiliki arti seseorang yang ingin mengetahui setiap objek tertentu. Singkatan ini sering ditunjukkan kepada seseorang yang ingin serba mengetahui detail informasi orang lain. 

- FYP (for your page) merupakan singkatan yang populer di kalangan pengguna sosial media Tik Tok. FYP pun merujuk pada halaman beranda di akun Tik Tok yang menunjukkan deretan video yang sedang populer. 

- GWS (get well soon) memiliki arti semoga segera sembuh. 

- IDK (i don’t know) memiliki arti saya tidak tahu.

- IRL (in real life) memiliki arti dalam kehidupan nyata. Singkatan ini populer di dunia maya ketika seseorang sedang membandingkan sesuatu dengan dunia nyata. 

- LMAO (laughing my ass off) memiliki arti tertawa terbahak-bahak. 

- LOL (laugh out loud) memiliki arti tertawa terbahak-bahak. Arti singkatan ini sama seperti LMAO.

- OOTD (outfit of the day) memiliki arti pakaian yang dipakai hari ini. 

- OT (over time) memiliki arti lembur yang akrab di dunia kerja. 

- OTW (on the way) memiliki arti sedang dalam perjalanan

- PO (purchase order) merupakan istilah yang sering digunakan saat melakukan pembelian barang. Seseorang akan membeli suatu barang terlebih dahulu dan harus menunggu beberapa waktu hingga barang itu siap.

- WDYT (what do you think) memiliki arti bagaimana menurut lo? Singkatan ini dapat digunakan saat ingin meminta pendapat dari orang lain terhadap suatu hal.

- TMI (too much information) memiliki arti terlalu banyak informasi. Singkatan ini dapat digunakan untuk menggambarkan informasi yang sebetulnya tidak terlalu penting.

- Thx (thanks/thank you) memiliki arti terima kasih.

- Sherloc (share location) memiliki arti berbagi lokasi. Singkatan ini sangat umum digunakan jika kita ingin berbagi lokasi dengan orang lain melalui media sosial.

- VC (video call) memiliki arti panggilan video. 

- WFH (work from home) memiliki arti bekerja dari rumah. Istilah ini pun semakin populer semenjak pandemi.

Berita Lainnya