Studi Menunjukkan Orang Indonesia Bisa Main HP Hingga Lebih Dari 5 Jam Sehari!

Kawula Muda, ganti kebiasaan bermain HP dengan kegiatan yang lebih bermanfaat yuk!

Ilustrasi bermain HP. (PEXELS)
Fri, 29 Oct 2021

Indonesia dinobatkan sebagai negara yang paling suka mengahabiskan waktu dengan main handphone.

Indonesia berada di atas Brazil, India, dan Amerika Serikat karena masyarakatnya bisa menghabiskan lebih dari 5 jam sehari untuk main ponsel. 

Ini merupakan hasil riset dari App Annie, sebuah perusahaan yang berfokus pada analisa aplikasi perangkat mobile

Dalam laporannya yang berjudul “Consumers in Three Countries Now Spend More than 5 Hours a Day in Apps” Indonesia disebut sebagai negara yang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain smartphone selama kuartal III 2021. 

Orang Indonesia dapat menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 5,5 jam per harinya untuk bermain HP. 

Sementara itu, Brazil berada di posisi kedua dengan durasi kurang lebih 5,4 jam. Disusul dengan Korea Selatan di mana masyarakatnya dapat menghabiskan durasi selama 5 jam, India 4,8 jam, dan Meksiko 4,8 jam. 

Tingginya durasi waktu bermain HP juga meningkatkan nilai berbelanja di aplikasi e-commerce. Secara total, belanja di toko online menembus angka 34 miliar dolar AS di Q2 2021, naik 2 miliar dolar AS dari Q1 2021. 

Menurut Head of Insights App Annie, Lexi Sydow, kebiasaan bermain HP ini mengubah perilaku nonton TV yang biasanya dilakukan keluarga. 

Sekarang ini, masyarakat yang tinggal di negara berkembang lebih sering bermain HP dibanding menonton TV. 

“Angka tersebut mengungkapkan dominasi penggunaan smartphone di kalangan konsumen dunia, terutama di negara berkembang. Sungguh kontras setelah 60 tahun mendominasi, TV telah dikalahkan. Hari-hari kejayaan keluarga yang berkumpul di sekitar TV tidak ada lagi,” ujar Lexi Sydow.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya