Survei Sebut 86% Gen Z Mencari Pekerjaan untuk Dapatkan Gaji

Lo sendiri alasan kerjanya buat nyari apa, Kawula Muda?

Ilustrasi Gen Z mencari pekerjaan untuk dapatkan gaji (Unsplash)
Tue, 26 Mar 2024


Platform mobile survei Jakpat baru-baru ini merilis laporan survei yang berjudul "Memahami Gen Z: Preferensi di Tempat Kerja" pada Jumat (15/03/2024).

Dikutip dari GoodStats, Selasa (26/3/2024), survei tersebut dilakukan untuk memahami preferensi, perilaku, dan aspirasi karir dari Gen z di tempat kerja, Kawula Muda.

Dalam laporan tersebut Gen z diidentifikasikan sebagai individu yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012 atau lebih tepatnya mereka yang kini berusia 12 sampai 27 tahun.

Hasilnya, sebanyak 655 responden Gen z yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan memiliki tujuan atau motivasi yang berbeda untuk mencari pekerjaan atau bekerja.

Ilustrasi Gen Z mencari pekerjaan untuk dapatkan gaji (Unsplash)

Namun, sebanyak 86% Gen z bekerja untuk mendapatkan gaji, kemudian 78% lainnya bertujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Selain itu, ada sekitar 61% responden Gen z yang memilih alasan "knowledge developing".

Hasil survei ini diikuti juga dengan tujuan Gen z bekerja untuk memperluas koneksi yakni sebanyak 52%, kepuasan pribadi 44%, membuat keluarga bangga 43%, dan aktualisasi diri 31%.

Sebelumnya, survei ini dilakukan pada periode 9-12 Februari 2024 kepada 1.262 responden Jakpat, Kawula Muda.

Secara keseluruhan dalam laporan tersebut, terdapat 14 pertanyaan survei yang diajukan. Adapun, salah satu pertanyaan survei yang ditanyakan kepada responden adalah mengenai tujuan Gen Z bekerja atau mencari pekerjaan.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya