Survei Sebut Gen Z Malu Pakai Android, Lebih Pilih iPhone karena Takut Dikucilkan

Lo tim Android apa iPhone, Kawula Muda?

Ilustrasi ponsel android (Unsplash)
Thu, 18 Jan 2024


Sebuah survei di Amerika Serikat menyebutkan, gen Z merasa malu dan mendapat tekanan sosial apabila menggunakan ponsel jenis Android.

Itu sebabnya gen Z di Amerika lebih memilih menggunakan iPhone.

“Apple telah menguasai Gen Z di Amerika Serikat secara menyeluruh, sehingga konsumen muda takut dikucilkan secara sosial karena tidak memiliki iPhone,” dikutip dari laman Financial Times, Kamis (18/1/2024).

Survei yang diterbitkan Financial Times menyebutkan, sekitar 34% pengguna iPhone di Amerika adalah gen Z.

Sementara itu, gen Z yang pengguna ponsel Android Samsung hanya mencapai 10%.

Gen Z sendiri merupakan generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi yang satu ini menjadi konsumen utama dalam dunia teknologi dan telekomunikasi. 

Salah satu alasan gen Z memilih menggunakan iPhone adalah fitur layanan pesan iMessage.

Viral iPhone berlabel Made in China apakah asli atau tidak (GADGETS 360)

Layanan perpesanan ini secara tidak langsung mendiskriminasi pengguna Android dengan menampilkan pesan mereka dalam gelembung hijau, bukan biru. Hal tersebut rupanya bisa sangat memalukan bagi sebagian pengguna gen Z.

“Pesan berwarna hijau dari pengguna Android membuat percakapan menjadi tak menyenangkan, karena semuanya harus lewat SMS. Jadi tekanan sosial untuk menggunakan iPhone menjadi semakin gila," ujar Annelise Hillman, seorang gen Z Amerika seperti dikutip dari Detik.

Belum lagi fitur AirDrop yang kerap digunakan untuk berbagi konten antar-perangkat Apple, seringkali bikin pengguna Android jadi merasa ‘tidak diajak’.

Gak cuma itu, Kawula Muda. iPhone juga dianggap sebagai alat yang lebih aman dan privacy-friendly dibandingkan dengan smartphone Android.

Produk-produk Apple memang dikenal sangat memperhatikan privasi penggunanya dengan menyediakan fitur-fitur keamanan yang dapat melindungi data pribadi pengguna.

Itulah salah satu alasan iPhone dinilai sebagai salah satu standar sosial bagi para generasi Z di Amerika Serikat.


Lo sendiri lebih nyaman pake iPhone atau Android, Kawula Muda?

Berita Lainnya