Ternyata Ekstrover Ada Tipenya, Kawula Muda yang Mana?

Lo termasuk orang yang ekstrover atau introver?

Ilustrasi mengobrol (UNPLASH)
Sat, 02 Jul 2022

Seorang yang ekstrover biasanya suka melakukan interaksi sosial. Mereka menikmati suasana berkumpul, jadi pusat perhatian, dan sering menghabiskan waktu di luar.

Ada juga loh orang ekstrover yang suka sama kesendirian, tapi kalau dilakukan terlalu lama mereka akan cepat bosan karena energinya justru melemah.

Sebenarnya, terdapat beberapa tipe orang ekstrover. Melansir Psych2go, terdapat teori Carl Jung dalam bukunya berjudul Psychologische Typen yang menjelaskan tentang tipe ekstrover.

Ilustrasi mengobrol (UNPLASH)

 

Berikut penjelasannya, Kawula Muda:

1. Extroverted Sensors

Extroverted sensors menyukai rangsangan langsung dari dunia sekitarnya.

Mereka pakai panca indera (lihat, sentuh, dengar, rasa, dan bau) untuk memahami apa yang terjadi dan belajar dari sana. Mereka juga suka dengan aktivitas langsung, seperti olahraga atau lainnya yang memberikan stimulasi fisik.

Tapi, orang dengan tipe ini gampang bosan, sehingga mereka senang kalau bertemu orang baru.

2. Extroverted Intuitors

Kalau tipe ini, mereka suka bertukar ide dengan orang lain yang percakapannya intelektual yang mendalam. Seperti kepo, orang Extrovert Intuitors senang selidiki masalah yang belum terungkap, Kawula Muda.

Jadinya, mereka akan bertanya dengan banyak dan detail.

3. Extroverted Feelers

Extroverted feelers sangat dekat pada orang. Mereka suka berada di sekitar orang untuk belajar dan berbagi pengalaman baru dan bisa beradaptasi dengan percakapan yang dibicarakan.

Tipe ini membentuk koneksi baru ketika berpartisipasi dalam acara sosial.

Mereka sangat akomodatif dan selalu memperhatikan orang lain. Pokoknya, semua orang harus happy, deh!

4. Extroverted Thinkers

Extroverted thinkers ini sosok pemimpin, Kawula Muda. Mereka tegas dan memiliki kepercayaan diri yang kuat.

Mereka sering berprestasi, karena mendapatkan energi dari bekerja keras untuk mencapai tujuan dan impiannya. Tipe ini didorong oleh tantangan baru dan senang menemukan solusi untuk masalah yang sulit.

Walau orang lain sering menganggap mereka agresif atau sombong, tapi mereka mampu menunjukkan pencapaian dan hasil yang baik, loh!

Nah, Kawula Muda, kalau lo tipe ekstrover yang mana?

Berita Lainnya