Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Istirahat, Selamat Hari Tidur Sedunia!

Sehari lo tidur berapa jam, Kawula Muda?

Ilustrasi seseorang yang sedang tidur (UNSPLASH/VLADISLAV MUSLAKOV)
Fri, 17 Mar 2023


Untuk lo yang kurang beristirahat, ada baiknya lo turut merayakan Hari Tidur Sedunia loh, Kawula Muda! Merupakan acara tahunan yang dirayakan setiap hari Jumat pada minggu ketiga Maret, perayaan ini jatuh pada Jumat, 17 Maret 2023, kawula Muda! 

Adapun Hari Tidur Sedunia didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas.

Ilustrasi seseorang yang sedang tertidur (UNSPLASH/GREGORY PAPPAS)

 

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Tidur yang cukup dan berkualitas pun memiliki banyak manfaat. Sebut saja membantu memperbaiki kinerja otak, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayangnya, banyak orang seringkali mengabaikan kebutuhan tidur, kawula Muda! Mengutip laman Kementerian Kesehatan, hal ini dapat menyebabkan masalah jantung, diabetes, hingga risiko kematian hingga dua kali lipat. Karena itu, masalah tidur pun dalam jangka panjang telah terbukti dapat memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. 

Sejarah Hari Tidur Sedunia

via GIPHY

Pada tahun 1970-an, Dr. William C. Dement, seorang profesor di Universitas Stanford, merupakan salah satu pionir dalam studi tidur. Ia membuka Klinik Gangguan Tidur di Universitas Stanford, yang kemudian menjadi pusat penelitian dan pengobatan tidur terkemuka di dunia.

Sejak itulah, orang-orang semakin mempercayai manfaat dari tidur yang cukup dan berkualitas. Kemudian, pada 2008, Hari Tidur Sedunia pertama kali dirayakan oleh Sleep Society seperti dikutip dari laman resmi World Sleep Day.

Setiap tahun, Hari Tidur Sedunia memiliki tema yang berbeda, seperti "Tidur sehat, Tumbuh sehat", "Tidur dengan cinta: Cinta hidup Anda, Cinta tidur Anda", dan "Berbicara tentang tidur dengan dokter Anda". Adapun pada tahun ini, Hari Tidur Sedunia mengusung tema “Tidur adalah hal penting untuk kesehatan”.

Tips Tidur Nyaman dan Berkualitas

Ilustrasi seseorang yang tidur dengan nyaman (UNSPLASH/TANIA MOUSINH)

 

Sebagai informasi, waktu tidur yang ideal bagi anak-anak hingga remaja berusia 18 tahun adalah 8 hingga 9 jam. Namun, untuk dewasa, waktu tidur yang cukup adalah 7 hingga 8 jam setiap harinya. 

Dalam rangka memperingati Hari Tidur Sedunia, berikut beberapa tips untuk supaya tidur lo lebih nyenyak, Kawula Muda! 

- Tetapkan jadwal tidur yang konsisten. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan.

- Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk.

- Batasi asupan kafein dan alkohol. Kafein dapat mengganggu tidur Anda, sementara alkohol dapat membuat Anda merasa lebih mudah tertidur tetapi memengaruhi kualitas tidur Anda.

- Lakukan relaksasi sebelum tidur. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam-dalam untuk membantu Anda rileks sebelum tidur.

- Batasi penggunaan teknologi sebelum tidur. Layar komputer, televisi, atau ponsel dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur dengan baik.

--

Semoga informasi ini membantu lo menghargai pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan tubuh. Selamat Hari Tidur Sedunia, Kawula Muda!

Berita Lainnya