Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran yang Bermanfaat dan Berkualitas

Simak tips di bawah ini agar lo tidak kebingungan ketika belanja oleh-oleh, Kawula Muda!

Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran (JAVATRAVEL)
Tue, 11 Apr 2023

Saat mudik ke kampung halaman, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah oleh-oleh Lebaran. Oleh-oleh khas dari kampung halaman bisa menjadi buah tangan untuk teman-teman atau kerabat saat kembali dari mudik.

Meski terlihat sepele, Kawula Muda mungkin sering bingung dan justru mengeluarkan banyak biaya.

Oleh karena itu, simak tips memilih oleh-oleh Lebaran yang telah dirangkum oleh Tim Prambors dari berbagai sumber. 

1. Persiapkan Budget

Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran (VINTAGEMIXER)

Pertama-tama, Kawula Muda harus menentukan dana atau budget untuk membeli oleh-oleh Lebaran. Terutama saat Lebaran, pengeluaran dana lo pasti akan lebih banyak dari biasanya. Untuk itu, persiapkan dana yang cukup dan tidak berlebihan untuk oleh-oleh Lebaran. 

Pasalnya, banyak orang menjadi harus mengeluarkan banyak dana untuk oleh-oleh Lebaran, loh. Tidak perlu memaksakan diri ya, Kawula Muda.

2. Pilih Barang yang Disukai Banyak Orang

Memilih oleh-oleh Lebaran yang enak dan disukai banyak orang menjadi salah satu tips yang penting, loh. Jangan sampai oleh-oleh Lebaran yang sudah lo beli malah menjadi sia-sia karena tidak disukai banyak orang.

Sesuaikan dengan orang yang akan menerima oleh-oleh Lebaran lo juga ya, Kawula Muda!

3. Perhatikan Kemasan dan Tanggal Kedaluwarsa

Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran (DETIK)

Kawula Muda, meski terlihat biasa saja, tips memilih oleh-oleh Lebaran yang satu ini tidak boleh terlewat, loh. Memperhatikan kemasan tidak hanya akan menjaga oleh-oleh Lebaran lo tidak akan rusak jika dibawa saat perjalanan jauh namun juga tanggal kedaluwarsa yang tertera.

Jangan sampai lo membeli oleh-oleh Lebaran yang sudah lama diproduksi, ya dan mudah basi, ya! Tidak hanya itu, Kawula Muda juga perlu memperhatikan apakah oleh-oleh Lebaran Kawula Muda akan tahan lama.

Satu lagi, jangan lupakan berat oleh-oleh Lebaran lo, ya! Jangan sampai oleh-oleh Lebaran yang lo beli membuat lo tidak nyaman selama perjalanan, misalnya jika lo menggunakan transportasi umum. 

4. Pertimbangkan Oleh-Oleh Lebaran Khas Daerah

Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran (ISTOCK)

Tidak ada salahnya jika lo memilih produk yang tengah viral di suatu daerah atau oleh-oleh lebaran terbaru, namun pastikan lo tidak melupakan esensi oleh-oleh Lebaran yang akan lo beli ya, Kawula Muda!

Memilih oleh-oleh Lebaran khas daerah yang lo kunjungi bisa membuat oleh-oleh Lebaran lo lebih berarti. Tidak harus selalu makanan, lo bisa membeli kerajinan daerah, dan masih banyak lagi.

5. Catat Orang yang Menerima Oleh-Oleh

Tips Memilih Oleh-oleh Lebaran (ISTOCK)

Salah satu hal yang paling penting dan tidak akan membuat lo kelebihan budget adalah menentukan sejak awal siapa saja yang akan menerima oleh-oleh Lebaran yang lo bawa.

Tips yang satu ini menjadi sangat penting karena akan menentukan berapa banyak oleh-oleh Lebaran yang harus lo beli dan bagaimana lo membaginya.

Kawula Muda, itulah tips memilih oleh-oleh Lebaran yang bermanfaat dan berkualitas. 

Berita Lainnya