10 Lagu Pop Indonesia untuk Rayakan Semangat Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Bulan Agustus, bulan merdeka!

10 Lagu terbaik Indonesia sepanjang masa, tema kemerdekaan yang bangkitkan semangat (FREEPIK)
Tue, 15 Aug 2023

Sebuah lagu bisa membuat suasana berubah. Saat mendengarkan lagu berirama riang, hati seseorang dapat terbawa merasa gembira. Begitu juga saat mendengarkan lagu berirama cepat yang bisa menyulut semangat.

Termasuk pada lagu-lagu kemerdekaan yang bisa membuat rasa nasionalisme seseorang semakin tinggi.

Tidak hanya menyulut semangat di bulan kemerdekaan dan mengingat perjuangan para pahlawan, lagu Indonesia terbaik tema kemerdekaan versi Prambors di bawah ini juga bisa membuat lo ‘merinding’ dan semakin mencintai Tanah Air.

Prambors telah merangkum 10 lagu pop terbaik Indonesia untuk rayakan semangat kemerdekaan yang cocok diputar pada tangga 17 Agustus untuk memperingati HUT RI ke-78. Simak di bawah ini, Kawula Muda.

1. Bendera 


Lagu pertama untuk merayakan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus nanti adalah “Bendera”. Menggambarkan semangat nasionalisme dengan makna bendera Indonesia, yaitu merah dan putih, lagu ini menjadi salah satu lagu terbaik dan paling populer untuk merayakan kemerdekaan.

Tentu saja, lagu ini akan membakar semangat Kawula Muda!

2. Kebyar Kebyar


“Kebyar Kebyar” adalah salah satu lagu wajib nasional Indonesia. Lagu ini sering dinyanyikan saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus.

Kawula Muda saat ini mungkin mengenal band Cokelat dan penyanyi Anggun C Sasmi yang membawakan lagu ini.

Jangan sampai salah, jauh sebelum banyak penyanyi mempopulerkan lagu “Kebyar Kebyar”, lagu ini pertama kali dibawakan dan diciptakan oleh Gombloh, salah satu pencipta lagu legendaris Indonesia.

Lagu dengan tema nasionalis yang satu ini memang enggak ada matinya, sebab menunjukkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

Ditambah lagi, versi Gombloh juga dibawakan dengan luar biasa.

3. Garuda Di Dadaku


Dengan musik yang unik nan membakar semangat, lagu “Garuda Di Dadaku” menjadi salah satu lagu untuk merayakan hari jadi Indonesia. Kawula Muda pasti familiar dengan lagu ini. Pasalnya, lagu yang dipopulerkan oleh grup musik NTRL ini kerap menjadi lagu latar pertandingan sepak bola Indonesia. Lagu ini cocok untuk membakar semangat mengharumkan nama Indonesia tercinta.

4. Rumah Kita


Lagu yang satu ini cocok dimasukkan ke dalam daftar lagu bertema kemerdekaan, Kawula Muda. Menceritakan tentang rasa cukup yang sudah dipunya, lagu “Rumah Kita” sangat cocok untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

5. Tanah Airku


Lagu wajib Indonesia yang satu ini akan membuat siapa pun yang menyanyikan dan mendengarkannya merinding. Terutama didengarkan saat jauh dari Indonesia, lagu ini disebut akan menambah rasa rindu dan menjatuhkan air mata.

Versi Isyana Sarasvati untuk lagu "Tanah Airku" akan memberikan suasana yang berbeda. Suara seriosa khas Isyana dan dipadukan dengan musik ala orkestra mampu membuat semangat nasionalisme siapa saja bertambah!

6. Hari Merdeka


Cokelat memang memiliki satu album khusus bertemakan Indonesia. Salah satu lagu dari album Untukmu Indonesiaku adalah “Hari Merdeka”. Beat yang kencang dengan drum khas band Cokelat, lagu ini bahkan kerap diputar di istana negara loh, Kawula Muda!

7. Dari Mata Sang Garuda


Pee Wee Gaskin akan mengajak para pendengar berlompat bersama melalui lagu ini. Lagu ini cocok menjadi lagu karaoke kemerdekaan bersama orang-orang tersayang!

8. Jadilah Legenda


Lagu “Jadilah Legenda” Superman Is Dead adalah salah satu lagu untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Lagu ini akan memberikan semangat untuk selalu percaya akan semua yang Indonesia miliki.

9. Zamrud Khatulistiwa


Lagu ini pertama kali dibawakan oleh legenda musik Indonesia, Chrisye. Saat ini, lagu “Zamrud Khatulistiwa” dibawakan ulang oleh penyanyi Vidi Aldiano. Setiap versinya, lagu ini akan bisa membuat pendengar menyadari betapa manisnya Khatulistiwa Indonesia.

10. Menjadi Indonesia 


Lagu yang dibawakan oleh Efek Rumah Kaca ini akan memberikan perasaan khusus saat didengarkan. Lewat alunan musik yang lama-lama meninggi dan ditambah lirik yang puitis, lagu ini sukses membuat pendengarnya memaknai Tanah Air dengan cara yang tak biasa.

Kawula Muda, itulah 10 rekomendasi lagu pop Indonesia terbaik untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Merdeka!

Berita Lainnya