15 Lagu Pop Terbaik Indonesia Sepanjang Masa untuk Meriahkan Hari Musik Nasional!

Kawula Muda, selamat hari musik nasional, ya!

15 lagu terbaik Indonesia sepanjang masa, musik yang menembus batas ruang dan waktu (Vecteezy)
Thu, 09 Mar 2023

Kawula Muda, di Hari Musik Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, Rabu (09/03/2023), lagu apa yang menemani perjalanan hidup Kawula Muda dari kecil hingga sekarang?

Fakta menariknya, musik bisa menembus batas ruang dan waktu, loh. Tidak heran kan, jika hingga kini, masih banyak lagu-lagu fenomenal Indonesia masih diputar.

Ditambah lagi, perkembangan musik Indonesia hingga saat ini juga menjadikan beberapa lagu tetap didengarkan hingga nanti!

Kawula Muda, berikut ini 15 lagu terbaik Indonesia sepanjang masa yang tak pernah lekang oleh waktu dan masih diminati oleh semua kalangan versi Prambors. Dijamin lo pasti hafal lagu-lagu di bawah ini!

1. Kebyar Kebyar


Kawula Muda, lagu dengan tema nasionalis yang satu ini memang enggak ada matinya. Sebelum dipopulerkan kembali oleh band Cokelat dan penyanyi Anggun C Sasmi, lagu “Kebyar Kebyar” pertama kali dibawakan oleh Gombloh, salah satu pencipta lagu legendaris Indonesia. 

2. Cinta ‘kan Membawamu Kembali


Lagu yang dipopulerkan oleh Dewa 19 ini memiliki lirik yang puitis dan mendayu. Sempat dibawakan kembali oleh Reza Artamevia pada tahun 2009, lagu orisinal “Cinta ‘kan Membawamu Kembali” tetap menjadi salah satu lagu 90an Indonesia yang memiliki makna dalam.

3. Sakura


Lagu yang manis sekaligus menggambarkan perasaan cinta yang penuh rintangan ini mulai meledak di pasaran pada tahun akhir tahun 1970an dan dibawakan oleh Fariz RM. Generasi masa kini mungkin akan mengenal Rossa sebagai penyanyinya!

4. Yang Terlupakan


Legenda musik Indonesia yang satu selalu menempati urutan di daftar lagu-lagu yang tak lekang oleh waktu, loh. Salah satu lagunya, “Yang Terlupakan”, menjadi salah satu hit yang memiliki makna dalam sekaligus cocok untuk lo yang sedang galau. Pada tahun 2016, Iwan Fals kembali membawakan lagu ini bersama grup band NOAH.

5. Takkan Terganti

Lagu yang dipopulerkan oleh Kahitna pada tahun 2000an ini kembali ramai didendangkan setelah dibawakan kembali oleh Marcell. Kawula Muda, siapa sosok yang takkan terganti buat lo?

6. Berharap Tak Berpisah


Izinkan aku untuk terakhir kalinya, semalam saja bersamamu, mengenang asmara kita. Kawula Muda! Siapa yang jadi nyanyi saat membaca penggalan lirik “Berharap Tak Berpisah” tadi? Lagu yang dibawakan oleh Reza Artamevia tersebut pantas jika dikatakan sebagai salah satu lagu terbaik Indonesia sepanjang masa, bukan?

7. Badai Pasti Berlalu


Lagu ini memiliki timeline yang panjang dalam sejarahnya. Lagu ini pertama kali dibawakan oleh Berlian Hutauruk dengan suara seriosanya yang khas. Dilanjutkan dengan Chrisye, lagu di dalam album yang berjudul sama ini berhasil menjadi masterpiece tonggak musik pop di Indonesia. Terlebih, lagu ‘Badai Pasti Berlalu’ Chrisye masuk ke peringkat pertama di dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik yang dirilis majalah Rolling Stone Indonesia bulan Desember 2007.

Setelah Chrisye, Ari Lasso juga membawakan versi dirinya untuk album yang di remake beberapa tahun setelahnya, loh! NOAH juga salah satu band yang membawa lagu ini kembali. Baru-baru ini, pada tahun 2023, Laleilmanino bersama Bunga Citra Lestari merilis single bertajuk “Badai Telah Berlalu” dengan lirik judul-judul lagu di dalam album Badai Pasti Berlalu yang fenomenal.

8. Terlalu Manis


Tidak hanya sebagai lagu putus cinta, lagu ini juga diputar ketika masa perpisahan sekolah, loh! Dibawakan oleh grup musik beraliran rock Indonesia, Slank. Tim Prambors yakin banget tidak ada yang tidak mengenal Slank dan lagu “Terlalu Manis”, setuju?

9. Andaikan Kau Datang Kembali

Dipopulerkan oleh Koes Plus, lagu “Andaikan Kau Datang Kembali” pada tahun 2022 juga menjadi soundtrack film Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia, loh!

10. Sang Dewi

Lagu ini menjadi salah satu lagu yang dibawakan oleh para diva Indonesia, Kawula Muda. Teknik lagu ini sendiri cukup rumit, dengan nada tinggi dan penghayatan yang ekstra. Tidak sembarang orang bisa membawakan lagu fenomenal ini!

11. Terserah


Indonesia kehilangan salah satu musisi terbaiknya, Glenn Fredly. Namun, Glenn meninggalkan karya-karyanya yang tidak akan lekang oleh waktu, Kawula Muda! Salah satunya, “Terserah”.

12. Sepatu

Lirik yang catchy karena mempunyai rima yang sama ini mengibaratkan sebuah hubungan seperti sepasang sepatu. Sepasang sepatu harus selalu dipakai bersamaan, tetapi nyatanya tidak akan pernah bisa bersatu.

13. Dan...


Band legendaris Indonesia yang baru saja menyelesaikan konser tunggalnya di Jakarta kemarin, Sheila On 7, punya satu lagu yang akan diingat oleh banyak orang, nih! Faktanya, lagu “Dan” juga menjadi soundtrack film masa kini seperti film Posesif yang dibintangi oleh Putri Marino dan Adipati Dolken, loh!

14. Kangen


Semua versi lagu “Kangen” selalu menjadi favorit setiap orang. Padahal, liriknya masih menggambarkan seseorang yang menggunakan surat untuk berkomunikasi dengan kekasihnya, loh. Nyatanya, lagu ini masih sukses bikin galau kalau di-play atau dibawakan secara live!

15. Sesaat Kau Hadir


Lagu yang selalu terdengar familiar ini menjadi semakin populer setelah beberapa reels di Instagram atau video TikTok menggunakan lagu ini sebagai back sound.

Kawula Muda, dari 15 lagu Indonesia yang tidak akan lekang oleh waktu versi Prambors di atas, mana yang paling berkesan buat lo?

Berita Lainnya