5 Perusahaan Agensi K-pop Paling Kaya, Siapa Nomor 1?

Ada agensi dari idol yang lo suka, Kawula Muda?

BLACKPINK dan BTS (KOMPAS)
Tue, 23 Aug 2022


Kawula Muda, pernah enggak bertanya-tanya tentang perusahaan K-pop terkaya? Merekalah yang jadi salah satu alasan terbesar di balik pertumbuhan dan kesuksesan grup dan idol K-pop.

Dengan melonjaknya popularitas K-pop di seluruh dunia, perusahaan K-pop juga menikmati perolehan yang besar lewat keuntungan yang diperoleh musisi naungannya.

Eksposur global telah menghasilkan peningkatan keuntungan dan pendapatan yang menghasilkan serta meningkatkan kekayaan bersih perusahaan K-pop ini.

Perusahaan agensi idol k-pop (SPORTSKEEDA)

Berdasarkan data yang dilansir dari Sportskeeda, Selasa (23/08/2022), berikut 5 perusahaan agensi K-pop terkaya:

5. CUBE Entertainment

CUBE Entertainment berada di posisi ke-5, nih Kawula Muda. Modal pasar yang didapatkan sebesar 263 juta dolar AS atau Rp 3,9 triliun pada 2022.

Perusahaan ini didirikan pada Agustus 2006 oleh Hong Seung-sung alias Somin Hong, mantan presiden JYP Entertainment.

CUBE Entertainment saat ini dikenal untuk menaungi grup K-pop seperti BtoB, (G)I-DLE, Pentagon, Lightsum, dan banyak lagi.

4. YG Entertainment

Berikutnya datang dari agensi yang menaungi BLACKPINK, iKon, Treasure, BIG BANG, dan banyak lagi, YG Entertainment.

Agensi yang berada di nomor 4 sebagai agensi K-pop terkaya ini sebelumnya berada di top 3, Kawula Muda. YG Entertainment kini memiliki modal pasar sebesar 865 juta dolar atau setara dengan Rp 12,8 triliun.

Label ini didirikan oleh Yang Hyun Suk, anggota Seo Taiji and Boys, pada Maret 1996, bersama saudaranya Yang Min-suk. Dia mulai meluncurkan artis di gen pertama K-pop, dan segera menemukan kesuksesan dengan grup hip-hop 1TYM.

3. JYP Entertainment

JYP Entertainment telah mempertahankan posisinya dalam daftar tiga teratas perusahaan K-pop terkaya di 2022, nih.

Perusahaan saat ini memegang modal pasar sebesar 1,56 miliar dolar AS atau Rp 23,1 triliun. JYP Entertainment sukses menerbangkan idol-idol K-pop seperti TWICE, Stray Kids, 2PM, ITZY, dan GOT7.

Agensi ini mulai mendapatkan perhatian dan keuntungan dengan debut Rain pada 1999, dan disusul dengan Wonder Girls.

2. SM Entertainment

Kalau ingat SM Entertainment, siapa idol yang terlintas di benak lo, Kawula Muda? Didirikan oleh Lee Soo-man pada 1989, SM Entertainment selalu jadi perusahaan hiburan teratas dan tersukses di Korea Selatan.

Beda tipis dengan JYP Entertainment, saat ini, perusahaan memiliki nilai modal pasar sebesar 1,57 miliar dolar AS atau Rp 24,1 triliun, nih!

Dengan kemitraan dan investasi dari perusahaan seperti Alibaba dan Tencent, SM Entertainment telah menguasai sebagian besar pasar Tiongkok.

SM Entertainment mengelola artis populer seperti Girls' Generation, EXO, AESPA, Red Velvet, TVXQ, SHINee, NCT, dan banyak lagi. Selain itu, Soo-man juga dikreditkan untuk debut grup gen pertama yang populer seperti S.E.S., Shinhwa, dan H.O.T.

1. HYBE Corporation

Dengan modal pasar sebesar 11,3 miliar dolar AS atau Rp 167,6 triliun, HYBE adalah perusahaan K-pop terkaya nomor 1 di 2022, Kawula Muda.

Awalnya dibentuk sebagai BigHit Entertainment oleh Bang Si-hyuk, HYBE mengelola salah satu boy group terbesar di dunia, BTS.

Sepanjang perjalanan HYBE yang dibangun di 2005, pada 2013 agensi ini mengalami bangkrut, tepat saat BTS debut. Ini membuat BTS tidak langsung hit saat itu, namun memperoleh pengakuan global melalui musik mereka selama beberapa tahun ke depan.

Selain BTS, HYBE memegang idol K-pop TOMORROW X TOGETHER, ENHYPEN, SEVENTEEN, dan masih banyak lagi.

Berita Lainnya