7 Koreografi K-Pop yang Dilarang Pemerintah Korea Ditampilkan di Siaran Televisi Nasional

Kawula Muda, gerakannya ada yang dinilai terlalu seksi dan 'menjurus'!

Koreografi K-Pop yang pernah dilarang ditampilkan oleh pemerintah Korea. (TWITTER)
Mon, 22 Aug 2022


Selain lagu, ternyata pemerintah Korea Selatan juga pernah melarang koreografi dari sejumlah penyanyi K-Pop untuk ditampilkan di siaran televisi nasional.

Koreografi tersebut dianggap kurang pantas dan dilarang disiarkan di Korean Broadcasting System (KBS) dengan berbagai alasan.

Selain karena tariannya dinilai terlalu menjurus ke arah seksual, ada juga alasan lainnya yang seringkali dianggap tidak perlu. Padahal, setelah dilihat pelarangan yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan ini memang perlu dilakukan.

Koreografi dari lagu idol K-Pop apa saja sih yang pernah dilarang ditampilkan bahkan sampai harus diganti oleh mereka? Simak selengkapnya di bawah ini, seperti yang dilansir dari Koreaboo.

1. Full Moon – Sunmi

Koreografi Sunmi untuk lagu Full Moon menjadi salah satu yang dilarang oleh pemerintah Korea. Di koreografi aslinya, Sunmi terlihat melebarkan kakinya dengan sensual sambil duduk di sofa. Namun, pihak KBS menganggap tarian tersebut sangat sensual, sehingga Sunmi mengubahnya menjadi membuka kakinya dari lutut ke bawah.

2. Miniskirt – AOA

Di awal koreografi lagu Miniskirt, para member AOA terlihat membuka ritsleting celana pendek mereka sampai paha dan setelah itu mengoyangkan pinggul mereka. Meskipun para member terlihat melakukan koreografi yang keren, tapi mereka harus mengganti gerakan membuka risleting karena dinilai terlalu sugestif.


3. So Cool – SISTAR

Dalam koreografi asli lagu So Cool yang dibawakan oleh SISTAR, para member terlihat dengan sangat manis melakukan gerakan mengusap bokong mereka dan mengoyangkan pinggul. Bagi sebagian orang, gerakan tersebut sangat cocok dengan getaran lagunya. Namun, pihak KBS tidak menyetujui hal itu dan melarang para member melakukan gerakan tersebut dan menggantinya dengan tarian lain.

4. Voodoo Doll – VIXX

Enggak cuma girlgroup saja nih yang jadi sasaran. Koreografi yang dilakukan oleh boygroup juga menjadi sorotan, seperti yang dilakukan oleh VIXX dalam lagu Voodoo Doll. Kalau koreografi yang dilakukan oleh VIXX ini bukan karena terlalu seksi. Dilarang karena dianggap terlalu kasar.

Gerakan ‘menusuk’ yang mereka lakukan dengan tongkat yang digunakan sebagai alat peraga dianggap tidak pantas untuk pertunjukan langsung. Jadi, mereka pun langsung mengubah koreografi tersebut.

5. Mirror-mirror – 4MINUTE

Para member 4MINUTE awalnya melakukan koreografi degan berlutut di lantai dan melakukan serangkaian gerakan merentangkan kaki di tariannya. Gerakan ini dinilai terlalu sensual oleh penonton, jadi mereka mengubah tarian tersebut dengan hanya berdiri dan melakukan gerakan lain untuk bagian itu.

6. Up & Down – EXID

Melansir dari Koreaboo, koreografi yang dilakukan oleh girlgroup EXID dalam lagu Up & Down mungkin jadi salah satu kasus paling terkenal, di mana KBS memaksa mereka untuk melakukan perubahan koreografi. Gerakan pinggul naik turun sesuai dengan judul lagunya, sangat tidak disetujui oleh pihak KBS sehingga para member mengubahnya sedikit dengan mengayunkan pinggul mereka.


7. Marionette – STELLAR

Koreografi lainnya yang juga sempat dilarang ditampilkan oleh KBS adalah salah satu tarian yang dibawakan oleh STELLAR untuk lagu Marionette. Di versi aslinya, para member terlihat menggaruk bagian bokong mereka. Gerakan tersebut memang sedikit aneh bagi banyak orang. Setelah itu, mereka mengubahnya menjadi meletakkan tangan mereka di bagian pinggang, dan justru terlihat lebih baik.

Berita Lainnya