Album “Donda 2” Kanye West Tak Penuhi Syarat untuk Masuk Chart Billboard, Kenapa?

Kawula Muda, sudah mendengarkan lagu-lagu di album "Donda"!

Kanye West (Getty Images/Kevork Djansezian)
Fri, 11 Mar 2022



Billboard mengumumkan sebuah keputusan yang mengejutkan bagi Kanye West. Dalam keputusannya, Billboard mengatakan bawa album terbaru Kanye West yang diberi judul “Donda 2” tidak dapat memenuhi syarat yang diperlukan untuk bisa masuk dalam chart mereka.

Menurut Billboard hal tersebut disebabkan karena album “Donda 2” dirilis secara eksklusif melalui player milik Kanye bernama Stem.

Dilansir dari NME, sesuai laporan Billboard, album yang dijual dengan merchandise tidak dapat memenuhi syarat untuk masuk chart.

Sebelum merilis album terbarunya, Kanye memang sudah memberi tahu para penggemarnya bahwa album yang merupakan kelanjutan dari “Donda” itu tidak akan tersedia di layanan streaming musik yang sudah ada.

Pria yang kini telah berganti nama menjadi Ye itu juga mengabarkan bahwa lagu-lagunya di album “Donda 2” hanya dapat didengarkan melalui Stem yang dibanderol dengan harga 200 ribu dolar AS atau sekitar Rp 2,8 juta.

Rapper-Kanye West. (GettyImages/Johnny Nunes)

 

Di perangkat yang dibuat oleh perusahaan milik rapper Yeezy Tech itu terdapat empat lagu yang sudah tersedia pada 23 Februari 2022 yaitu Security, Pablo, Broken Road, dan We Did It Kid.

Setelah melakukan konser langsung di Miami The Night, ada empat lagu lagi yang menyusul dan akhirnya pada 25 Februari 2022 terdapat 12 lagu baru lagi yang bisa didengar melalui Stem.

Atas keputusan yang sudah dirilis oleh Billboard tersebut Kanye sempat memberikan tanggapannya melalui unggahan Instagram pada Rabu (09/10/2022). Bukannya kecewa, Kanye justru mengatakan bahwa dia telah menang.

“Kita menang kita menang kita menang kita menang,” tulisnya.

“Kita membuat sistem kita sendiri. Kita menentukan nilai kita sendiri dan harga kemarin bukanlah harga hari ini sayang,” tulisnya di kolom keterangan.

Sebelumnya, Kanye juga mengatakan bahwa dia telah menghasilkan lebih dari 2,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 31 miliar dari penjualan Stem Player selama 24 jam.

Sementara itu, Kanye West baru saja melepas video musik dari lagu terbarunya yang berjudul Hurricane.Dalam video musik yang mengusung animasi ini, Kanye menampilkan sekelompok tahanan yang melarikan diri dari penjara sebelum muncul sosok menyerupai Kanye.

Terlihat sosok itu memberikan arahan pada para pengikutnya untuk mengikuti dan melesat menuju langit.

Berita Lainnya