Berkenalan dengan Måneskin, Glam Rock Viral dari Italia Pemenang MTV VMAs 2022!

Rock n Roll Never Dies!

Maneskin, band asal Italia yang bergenre rock. (TWITTER/MANESKIN)
Thu, 01 Sep 2022


Måneskin, sebuah band dengan genre glam rock yang berasal dari Italia ini mendadak viral setelah memproduksi ulang lagu dari Madcon yang berjudul “Beggin’”. 

Lagu “Beggin’” hasil daur ulang dari Måneskin ini berhasil menarik perhatian warganet dengan menjadi viral di media sosial TikTok. Lagu “Beggin’” versi Måneskin sukses menjadi sound yang dipakai oleh banyak kreator TikTok untuk dijadikan bagian dari konten mereka. 

Berkat viralnya, beberapa waktu lalu, Maneskin memenangkan penghargaan MTV VMAs kategori Best Alternative Video dengan lagu mereka " I Wanna Be Your Slave" dan bermimpi ingin kolaborasi dengan girl group asal Korea Selatan, BLACKPINK!

Grup band rock, Maneskin (NME)

Måneskin merupakan band rock Italia yang dibentuk pada 2016 di ibu kota Italia, Roma. Berisikan empat orang dengan Damiano David (23) sebagai vokalis, Thomas Raggi (21) sebagai gitaris, Victoria de Angelis (22) sebagai basis, dan Ethan Torchio (21) sebagai drummer, band ini dibentuk ketika anggotanya masih duduk di bangku sekolah menengah atas. 

Pada mulanya band ini hanya berisikan 2 orang personel yaitu Thomas Raggi dan Victoria de Angelis. Keduanya kemudian membuat pengumuman rekrutmen yang akhirnya dari rekrutmen itulah mereka berdua menemukan Damiano David sebagai vokalis dan Ethan Torchio sebagai drummer mereka.

Meskipun mereka berhasil mendapatkan vokalis dengan suara keren dan karismatik, leader dari band ini tetaplah dipegang oleh satu-satunya perempuan di band ini, Victoria de Angelis selaku pembentuk dan pencetus nama Måneskin sebagai nama band mereka.

Sebelum viral dan menjadi seterkenal sekarang ini, Måneskin sebenarnya sudah pernah menunjukkan diri mereka di hadapan publik luas ketika mereka mengikuti kompetisi X Factor Italia dan menjadi runner-up dari kompetisi tersebut. Uniknya, sebelum mengikuti kompetisi X Factor, Måneskin sebenarnya sudah merilis single mereka sendiri.

Sukses di Eurovision

Kisah Måneskin di Italia juga bukan sekadar menjadi peserta, tapi mereka bahkan berhasil menjuarai kompetisi tersebut dengan lagu berbahasa Italia pertama mereka yang berjudul “Zitti e Buoni”. Arti dari judul lagu tersebut dalam bahasa Inggris adalah “Shut Up and Behave”. Lagu ini sendiri dalam liriknya berisikan protes akan suatu ekspektasi sosial yang membelenggu seseorang menjadi dirinya sendiri. 

Meskipun sempat diwarnai dengan drama tuduhan atas vokalis mereka yang diduga menghisap kokain pada konferensi pers malam final Eurovision yang akhirnya berhasil ditepis dengan hasil tes negatif dari Damiano David, lagu mereka yang berjudul “Zitti e Buoni” berhasil menembus chart lagu Inggris dan berhasil menjadikan Italia kembali memenangkan Festival ini setelah terakhir kali terjadi pada tahun 1990.


Rock Italia yang Patut Diperhitungkan 

Awal keberhasilan Måneskin menjadi runner-up di kompetisi X Factor Italia membuka jalan bagi mereka untuk bisa melebarkan sayap dan menjangkau massa yang lebih luas. Setelah sekian tahun Italia tidak memiliki band rock yang mendunia, keberhasilan Måneskin dalam mendaur ulang lagu “Beggin” sukses membawa mereka menembus chart lagu Amerika Serikat dengan masuk ke dalam Top 40 Billboard. 

Berhasil masuk Top 40 Billboard, Måneskin tidak berhenti di situ. Mereka juga sukses memuncaki Top Chart Alternative dengan lagu terbaru mereka yang berjudul “Supermodel”. 

Keberhasilan ini tak luput dari kemenangan mereka di ajang Eurovision dan dinilai bisa menjadi pusat kebangkitan rock and roll di kalangan band anak muda.

Berita Lainnya