“Christmas Tree” V BTS Soundtrack "Our Beloved Summer" Pecah Rekor di Jepang dan Debut di Billboard

Kawula Muda, sudah dengar lagunya?

Kim Taehyung alias V, salah satu member BTS. (FACEBOOK/BTS)
Mon, 17 Jan 2022

V BTS kembali bersinar di karier solonya. Tidak hanya di Korea Selatan, lagu teranyar V BTS yang berjudul Christmas Tree mampu mencetak sejumlah rekor di tangga musik Jepang dan juga melakukan debut di peringkat Billboard Amerika Serikat.

Christmas Tree merupakan merupakan soundtrack dari drama Our Beloved Summer yang dibintangi sahabatnya, Choi Woo Shik. Di Korea Selatan, lagu ini dirilis pada 24 Desember 2021.

Di Jepang, Christmas Tree dirilis di Jepang pada 13 Januari 2022, beberapa minggu setelah dirilis di Korea Selatan. Tak lama setelah perilisan di Jepang, lagu ini langsung menempati posisi bergengsi di sejumlah platform musik. Christmas Tree berhasil memecahkan rekor di berbagai platform mulai dari Oricon, iTunes Jepang, dan Spotify.

Baru dirilis, lagu tersebut langsung debut di peringkat pertama single digital harian Oricon dan sukses diunduh sebanyak 11.771 pada hari pertama perilisan. Jumlah streaming yang dihasilkan oleh Christmas Tree merupakan rekor yang baru pertama kali diraih oleh solois Korea Selatan di Jepang.

Dua jam setelah dirilis, Christmas Tree berhasil menduduki posisi puncak iTunes Top Songs Jepang. Terhitung pada 16 Januari 2022 atau sekitar 76 jam sejak dirilis, Christmas Tree masih menempati peringkat pertama chart Top Song iTunes Jepang.  Ini adalah rekor baru untuk lagu Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat tersebut.

Di Spotify, Christmas Tree juga menorehkan prestasi. Lagu ini hanya butuh 18 hari untuk mendapatkan 20 juta stream di Spotify. Ini menjadi rekor sendiri dan menjadikannya sebagai lagu solois Korea pria pertama yang berhasil meraih angkat itu.

Kerennya lagi, V juga mencetak sejarah di tangga lagu kenamaan Amerika Serikat yaitu Billboard. Lagu tersebut berhasil menduduki posisi ke-79 dalam tangga lagu Hot 100 Billboard pada pekan ini dan diumumkan secara langsung melalui Twitter Billboard.  

Sementara itu, V BTS menjadi artis Korea pertama yang lagu solonya debut di no. 1 Billboard’s Digital Song Sales. Ini menjadikan Christmas Tree sebagai OST Korea pertama yang memuncaki peringkat tersebut.

V menjadi anggota ketiga BTS yang single-nya berhasil masuk dalam Billboard Hot 100. Sebelumnya, ada nama J-Hope yang berhasil masuk dalam tangga musik bergengsi di AS dengan lagu solonya yang berjudul Chicken Noodle Soup.

Sedangkan Suga juga masuk dalam tangga lagu itu dengan lagunya yang berjudul Daechwita serta Girl of My Dreams.

Saat ini, V dan rekan-rekannya di BTS tengah menikmati masa cuti panjangnya setelah bekerja keras sepanjang dua tahun terakhir.

Berita Lainnya