Deretan Musisi Ini Pernah Hentikan Pertunjukan untuk Tolong Penonton

Mereka pun juga harus peka sama kondisi penonton, ya.

Penyanyi, Billie Eilish. (PAGE SIX)
Sun, 03 Jul 2022

Kawula Muda masih ingat sama kejadian lonjakan massa yang fatal di festival Astroworld Travis Scott pada 5 November 2021 lalu? Sejak peristiwa itu, orang-orang meningkatkan kesadaran tentang keselamatan penonton saat konser.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, tim medis dan Harris County Institute of Forensic Sciences menyatakan 10 korban tewas akibat asfiksia kompresi (kesulitan napas) saat konser Astroworld itu.

Sepuluh orang yang tewas merupakan bagian dari 50 ribu orang yang hadir di sana. Insiden ini terjadi ketika penonton saling berdesakan ke depan panggung.

Potret momen Travis Scott dipanggung sebelum tragedi kerusuhan. (Dok. AP)

 

Sebenarnya, kejadian seperti itu sudah beberapa kali terjadi, Kawula Muda.

Saat pertunjukan besar atau konser tunggal, para musisi ternama ini pernah memberhentikan pertunjukan mereka untuk membantu penonton yang butuh pertolongan saat itu.

Ini dia musisi yang pernah memberhentikan sejenak konser mereka lantaran membantu penonton:

1. Nirvana

Pada tahun 1993, Kurt Cobain menghentikan konser Nirvana dan melompat dari panggung untuk menghentikan seorang pria yang dilaporkan mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita. Setelah Cobain menyuruh pria itu pergi, Krist Novoselic memimpin penonton untuk menertawakan pria itu dari kerumunan.

2. Adele

Pada tahun 2011, Adele menghentikan pertunjukan di teater Apollo Hammersmith London karena dia melihat seorang penonton pingsan.

“Berhenti! Berhenti! Berhenti!" suruh Adele, memberi tahu band-nya. "Seseorang pingsan lagi, tepat di tengah. Ini juga terjadi tadi malam. Apakah ada yang datang kepadamu? Apakah sudah beres?" tanya dia memastikan.

Adele terus menunjuk ke arah orang yang pingsan itu dan meminta bantuan hingga yakin ada yang datang memberikan bantuan. Untung, Mbak Adele bisa lihat orang yang pingsan itu, ya, jadi bisa cepat ditolong.

3. Harry Styles

Pelantun ‘As It Was’ juga pernah kedapatan kejadian serupa, nih.

Saat pertunjukan di Los Angeles pada tahun 2019, Harry Styles berhenti di tengah konsernya dan bertanya kepada penonton apakah semuanya baik-baik saja.

“Aku punya pertanyaan yang sangat serius. Apakah kalian baik-baik saja di sana?" tanyanya sambil mengarahkan mikrofon ke penonton. Ketika mereka menjawab bahwa mereka tidak baik-baik saja, Harry mengirim bantuan untuk seorang wanita yang jatuh dan meminta semua orang untuk mundur pelan-pelan.

4. Niall Horan

Lagi-lagi dari member One Direction, nih! Kali ini, Niall memberhentikan konsernya demi keselamatan penonton bisa terjaga hingga jangan sampai ada hal yang tidak terkendali.

“Kami tidak ingin ada yang terluka atau terjepit," katanya, sembari menyuruh massa untuk mundur. "Ini tidak akan berhasil sepanjang malam. Mari kita atur ini sebelum kita melangkah lebih jauh, oke? Keselamatanmu adalah tanggung jawabku." tegasnya. Oh, Niall...

5. Billie Eilish

Selama pertunjukan Ocean Eyes di Swedia pada tahun 2018, Billie Eilish menghentikan pertunjukan dan memberikan air kepada seorang penggemar yang hampir pingsan.

“Aku juga hampir pingsan. Kita semua akan pingsan," kata seorang penggemar. "Apa yang aku bisa bantu?" tanya Billie, sebelum membagikan lebih banyak air kepada orang banyak yang berterima kasih. Peka banget, ya Kawula Muda.

6. Green Day

Beda dari yang telah disebut di atas, saat konser Green Day suatu hari, ada penonton dewasa yang merundung penonton lebih muda. Ini membuat band tersebut memberhentikan sebentar pertunjukannya.

“Itu tidak pantas sekarang. Anak-anak ini hanya mencoba bersenang-senang. Kamu tidak perlu mempermainkan mereka, oke?" katanya sebelum melanjutkan sisa lagu. "Tidak ada yang terluka. Ayo, tenanglah!" katanya.

Sebagai musisi, pasti ingin pertunjukannya bisa berjalan baik bukan hanya dari band mereka saja, tapi juga penggemar yang menonton mereka. Salut, deh!

Berita Lainnya