Fakta-fakta Konser Bruno Mars, Banyak Aksi Memukau tapi Dilarang Nyalakan Ponsel

Pengen sing along bareng woyyy!!!

Aksi Bruno Mars dalam Konser (John Esparza via Getty Images)
Thu, 23 Nov 2023

Bruno Mars dirumorkan akan menggelar konser di kota Jakarta, Indonesia pada 2024 mendatang.

Rumor tersebut datang dari platform sosial media X (Twitter) yang membuat heboh warganet terutama penggemar dari Bruno Mars yang sudah menunggu kedatangan sang idola.

Selain itu, dilansir dari brunomars.com, penyanyi dengan nama asli Peter Gene Hernandez ini terjadwal akan masuk ke Asia pada Januari 2024 dengan menggelar konser di Tokyo sebanyak tujuh malam.

Hal ini tak menutup kemungkinan Bruno Mars akan menggelar konser di Indonesia dalam waktu dekat karena sudah memasuki benua Asia.

Kira-kira, seperti apa suasana di konser Bruno Mars dan apa saja lagu dan aksi panggung yang dibawakannya ya? berikut adalah rangkuman Prambors tentang fakta-fakta konser Bruno Mars yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Lepas Rindu Hampir Satu Dekade Bruno Mars Manggung Terakhir di Jakarta

Poster Konser Bruno Mars The Doo-wops & Hooligans Tour 2011 (DETIKHOT)

Sebelum rumor konser Bruno Mars di Jakarta hadir, pelantun “Grenade” ini sudah dua kali menghibur penggemarnya di Jakarta pada 5 April 2011 dalam rangkaian “The Doo-wops & Hooligans Tour” dan 24 Maret 2014 dengan tajuk konser “The Moonshine Jungle Tour”.

Sudah hampir satu dekade dari terakhir kali Bruno Mars tampil di Jakarta, Kawula Muda. 

Sudah banyak pula karya-karya terbarunya yang rilis namun belum didengar oleh para penggemar secara langsung. Maka dari itu, sudah banyak sekali yang menanti konser live dari Bruno Mars di Jakarta.

Bruno Mars yang Atraktif dan Mainkan Banyak Jenis Instrument Musik 

Potret Bruno Mars Memainkan Drum dalam Konser (The Guardian)

Musisi asal Honolulu, Hawaii ini dikenal dengan genre R&B, funk, Hip-Hop sampai reggae. 

Karya dari Bruno Mars bisa terdengar seperti tema retro dan kontemporer sekaligus. Penggunaan musik elektrik yang bertemu dengan suara baladnya menjadi harmoni yang terasa pas. Ia bisa menjadi R&B ke klasik rock dan soul, lalu berpindah lagi ke gaya pop 80an yang fashionable terhadap musik hip-hop masa kini.

Banyaknya eksplorasi genre dalam karier bermusiknya selaras dengan Bruno Mars yang menguasai banyak instrumen musik. 

Dalam konsernya pun, musisi yang dikenal atraktif di atas panggung dan ramah berinteraksi dengan penggemarnya ini, tak terlewat pula permainan instrumen secara langsung dalam berbagai lagu yang ia bawakan dari album-album yang telah rilis. 

Bruno Mars biasanya memainkan piano atau keyboard untuk mengiringinya menyanyikan lagu yang galau atau sedih.

Ia juga memainkan gitar sambil bernyanyi, dari gitar akustik sampai gitar elektrik bersama dengan band-nya, The Hooligans.

Musik dari Bruno Mars juga mudah dikenal dengan entakkan drum, dalam konsernya pula tak heran jika solois ini memainkan drum juga, Kawula Muda.

Konsep Panggung dan Tarian Gesit yang Memukau

Panggung Konser 24K Magic Tour Bruno Mars (One Tech Traveller)

  

Tak hanya bernyanyi, Bruno Mars sangat senang bergerak dengan energik di atas panggung dan ia memiliki banyak gerakan tubuh yang memesona. 

Bruno Mars bisa memutar pinggulnya seperti Raja Pop Michael Jackson. Kaki lincahnya bisa bergelincir di atas panggung dengan mulus bersama rekan menarinya. Bahkan, ia bisa dengan luwes mengikuti musik tanpa menyiapkan koreografi khusus.

Meski konser Bruno Mars memiliki konsep panggung yang menarik yang dilengkapi laser, confetti, efek asap, visual menarik sampai kembang api, hal-hal ini akan ‘tertutup’ karena tarian keren dari Bruno Mars dan band-nya sudah menyita perhatian penonton, Kawula Muda.

Cara dan gayanya sebagai musisi dalam menghibur penggemar melalui aksi panggung sudah tak bisa dipungkiri lagi, banyak media besar seperti New York Times yang memberikan komentar sanjungan "penyanyi pop yang serbaguna dan mudah diakses, dengan suara ringan, terpengaruh musik-soul yang dengan mudah dalam jangkauan gaya, sebuah suguhan yang menyeluruh.” dan Rolling Stone yang menyebutkan bahwa Bruno Mars adalah vokalis yang penuh penjiwaan serta gesit.

Di Konser Bruno Mars Dilarang Menyalakan Ponsel

Aksi Panggung Bruno Mars Menari dengan Bandnya di Atas Panggung (steezy.co)

 

Pada konser di Las Vegas yang digelar setelah pandemi 2021 lalu, Bruno Mars dan timnya mengingatkan untuk menyimpan ponsel di kantong atau tas selama konser berlangsung. 

Dilansir dari review konser di 360 Sound, Bruno Mars ingin konsernya menjadi malam terbaik untuk bernyanyi dan berjoget tanpa memikirkan untuk memotret dari angle yang bagus. 

Ia ingin konsernya menjadi memori yang spesial bagi dirinya dan penonton untuk berbagi kesenangan.

Menurut Bruno Mars, saat pandemi orang-orang sudah cukup terlarut dengan ponsel mereka dan tidak berinteraksi langsung dengan sesama, maka dari itu, ia mengingatkan penonton untuk melepas rasa anxiety yang terbentuk saat pandemi dan menikmati malam tanpa ponsel.

Bahkan, Bruno Mars sempat mengatakan untuk mengambil ponsel penontonnya jika masih ada yang terlihat terangkat.

“Aku (akan) ambil ponsel kalian,” serunya sebelum memulai bernyanyi.

Perlu diingat, aturan ketat konser tanpa ponsel ini terjadi saat pandemi baru saja usai ya, Kawula Muda. Aturannya saat ini mungkin sudah berubah. Meski begitu, menikmati konser tanpa ponsel memang lebih enak, bukan?

Perkiraan Setlist Konser Bruno Mars 

Berikut adalah perkiraan setlist dari konser Bruno Mars diambil dari penampilannya dalam konser di Autódromo de Interlagos, São Paulo, Brazil pada September 2023 lalu dilansir dari setlist.fm.

“24K Magic”

“Finesse”

“Treasure”

“Liquor Store Blues / Billionaire” (Ext. Outro)

“Calling All My Lovelies / Wake Up in the Sky”

“That's What I Like”

“Please Me” (Cardi B & Bruno Mars cover)

“ Pure Imagination” (Leslie Bricusse & Anthony Newley cover) (Instrumental)

“Versace on the Floor”

“It Will Rain”

“Marry You”

“Drum Solo by Eric "E-Panda"

“Runaway Baby”

“Fuck You / Young, Wild and Free / Grenade / Talking to the Moon / Nothin' on You / Leave the Door Open” (Acoustic)

“When I Was Your Man”

“Evidências / Still D.R.E” (Instrumental)

“Locked Out of Heaven”

“Just the Way You Are” (Ext. Outro, followed by band introductions)

Encore:

“Uptown Funk”

Itulah hal-hal yang perlu diketahui di konser Bruno Mars, Kawula Muda. Meski tidak begitu banyak gimmick panggung, namun konser dari Bruno Mars terasa wholesome karena pembawaannya yang menarik dan lagu-lagu yang banyak dikenal serta mudah dinyanyikan bersama oleh banyak orang.

Berita Lainnya