Hari Musik Nasional Diperingati Setiap 9 Maret, Begini Sejarah dan Twibbon untuk Meramaikan!

Kawula Muda, siapa musisi atau album Indonesia favorit lo?

Peringatan Hari Musik Nasional setiap tanggal 9 Maret di tahun 2023 ini (KEMENDIKBUD)
Thu, 09 Mar 2023

Tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional setiap tahunnya. Jatuh tepat pada hari ini, Kamis (09/03/2023), Hari Musik Nasional menjadi momentum untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan musik Indonesia yang terus berkembang dan semakin beragam saat ini. Tema untuk Hari Musik Nasional tahun ini adalah "Musik Indonesia Keren".

Hari Musik Nasional sendiri mulai ditetapkan sebagai hari besar nasional sejak tahun 2013. Dalam sejarahnya, tanggal 9 Maret dipilih menjadi Hari Musik Nasional berdasarkan tanggal lahir Wage Rudolf Supratman atau yang dikenal dengan W. R. Supratman, yaitu sosok dibalik pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Peringatan Hari Musik Nasional setiap tanggal 9 Maret di tahun 2023 ini (KEMENDIKBUD)

Selain sebagai pencipta “Indonesia Raya”, W.R. Supratman juga merupakan sosok komponis besar Indonesia, Kawula Muda. Tanggal ulang tahunnya kemudian diperingati sebagai Hari Musik Nasional untuk mengenang sekaligus menghormati jasanya di dunia musik tanah air.

Meski sempat terjadi beberapa perdebatan mengenai tanggal lahir W.R. Supratman, Hari Musik Nasional tetap diperingati pada tanggal 9 Maret sebagai simbol kebangkitan musik daerah maupun tanah air, Kawula Muda.

Melansir laman resmi Kemendikbud, keputusan peringatan Hari Musik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 10 Tahun 2013 yang menyebutkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, maka tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Setiap tahun, perayaan Hari Musik Nasional memiliki tema yang berbeda-beda, Kawula Muda. Di tahun 2023 ini, tema Hari Musik Nasional adalah “Musik Indonesia Keren”. Diharapkan, Hari Musik Nasional 2023 dapat menjadi ajang apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia dan juga meningkatkan kepercayaan diri serta motivasi insan musik Tanah Air. 

Tahun ini, tepat 10 tahun Hari Musik Nasional resmi menjadi hari besar di Indonesia. Untuk itu, sebagai tonggak perjalanan musik di Indonesia hingga kini, Kawula Muda harus mendukung, mengapresiasi, dan menghormati musik Indonesia.

Untuk memeriahkan Hari Musik Nasional 2023, Kawula Muda bisa menggunakan twibbon ini untuk mengajak lebih banyak teman-teman lo merayakan Hari Musik Nasional!

Terima kasih untuk semua musisi dan setiap pihak yang berkontribusi di dunia musik Indonesia hingga kini. Selamat Hari Musik Nasional ya, Kawula Muda! Musik Indonesia keren!

Berita Lainnya