Isyana Sarasvati Rilis Video Musik “Il Sogno” Kolaborasi dengan DeadSquad

Hai Kawula Muda, Isyana dan DeadSquad tampil serba gotik!

Isyana Sarasvati berkolaborasi dengan DeadSquad dalam single "Il Sogno". (INSTAGRAM/ISYANA SARASVATI)
Sat, 29 Jan 2022

Penyanyi sekaligus pencipta lagu Isyana Sarasvati kian menunjukkan jati dirinya dalam bermusikHal itu terlihat dari karya-karya yang diciptakannya beberapa waktu belakangan.

Baru-baru ini Isyana merilis video musik untuk single terbaruya bertajuk Il Sogno di channel YouTube Isyana Sarasvati pada Jumat, (28/1/2022).

Sebelum video musik Il Sogno dirilis, official audio dari single kolaborasi Isyana dan DeadSquade ini sudah lebih dulu rilis di seluruh platform digital per akhir Desember 2021.

Setidaknya sebanyak 134 ribu orang telah menonton video musik tersebut dalam sehari. Sebagai perbandingan, versi awal Il Sogno yang dirilis sembilan bulan lalu ditonton oleh 1,5 juta orang.

Sebelumnya, Isyana Sarasvati menyanyikan Il Sogno seorang diri yang dirilis sebagai single dari album “Lexicon” pada 2019.

Hingga kemudian penyanyi kelahiran 2 Mei 1993 ini bertemu dengan DeadSquad dalam sebuah konser virtual IDGAF.

Pertemuan itu pun berujung pada diskusi kolaborasi yang hasilnya sekarang sudah bisa dinikmati oleh publik.

Isyana Sarasvati bersama DeadSquad rilis video musik "Il Sogno". (INSTAGRAM/ISYANA SARASVATI)

  

Perpaduan seriosa dan progresif rock

Dalam kolaborasinya ini, musisi yang mulai berkarier di dunia musik Tanah Air sejak 2014 ini tidak mengubah secara drastis Il Sogno. Ia masih mempertahankan suara angleic ala opera seriosa yang kemudian dibalut dengan perpaduan musik orchestra yang epic.

Selain itu diperkuat lagi dengan sentuhan progresif rock dan death metal yang lahir dari performance DeadSquad.

Karakter viokal suara Isyana dengan nada-nada seriosanya, terdengar begitu menyatu dengan growl dari Agustinus Widi.

Kolaborasi yang berani ini memperlihatkan daya jelajah musikal Isyana yang belakangan semakin memperlihatkan sisi idealismenya.

Terkhusus Il Sogno versi metal ini, Isyana terjun langsung menggubah sejumlah riff Bersama gitaris DeadSquad, Stevie Item.

Di satu kesempatan, Isyana pernah mengatakan bahwa lagu ini merupakan wujud penggambaran kumpulan mimpi-mimpi di alam bawah sadarnya. Tak heran, ia memberi judul Il Sogno yang dalam bahasa Italia berarti mimpi.

Ia mencoba memahami mimpi-mimpi itu yang hasilnya ia coba ceritakan dalam video klipnya yang begitu kental dengan nuansa gothic.

Isyana Sarasvati bersama DeadSquad rilis video musik "Il Sogno". (INSTAGRAM/ISYANA SARASVATI)

 

Serba hitam

Di video klip hasil garapan Gianni Fajri dan Dani Huda tersebut, Isyana tampil dengan pakaian serba hitam. Ia menari-nari di atas hamparan pasir mengikuti ritme dan alunan nada dari Il Sogno di verse awalnya.

Kemudian hadir sosok varian Isyana lain dengan jubah bertudung hitam yang muncul bersama para personel DeadSquad, juga dengan nuansa kostum yang sama.

Kedua sosok Isyana ini seakan menggambarkan dua sisi aransemen berbeda dengan lagu ini.

Di akhir video, Isyana tampak mengenakan gaun hitam dan telah bertahtakan mahkota sebelum akhirnya sosok Isyana melayang ke udara.


Berita Lainnya