Kasus Plagiarisme Hak Cipta, Ed Sheeran Ancam Tak Mau Bermusik Lagi

Sampai bilang kaya gitu, Kawula Muda :(

Ed Sheraan kecam ahli sidang di hak cipta lagu "Thinking Out Loud" dan ucap akan berhenti bermusik jika benar melakukan plagiat (CNBC)
Wed, 03 May 2023

Penyanyi Ed Sheeran mengecam saksi ahli Alexander Stewart dalam sidang lanjutan kasus dugaan pelanggaran hak cipta lagu "Thinking Out Loud", di pengadilan federal New York, Amerika Serikat.

Sebelumnya, lagu "Thinking Out Loud" yang dirilis pada 2014 dituduh plagiat karya klasik Marvin Gaye tahun 1973 "Let's Get It On".

Ed Sheeran juga memberikan kesaksian dan cuplikan versi awal lagu "Thinking Out Loud". Penampilan itu dibawakan untuk membantah pendapat Stewart bahwa salah satu akor yang dimainkan di awal "Thinking Out Loud" mirip dengan minor yang muncul pada posisi yang sama di sepanjang "Let's Get It On".

"Saya pikir apa yang dia lakukan adalah kriminal," terang Ed Sheeran, melansir dari Daily Mail, Rabu (05/03/2023).

"Itu tidak benar. Saya merasa itu sangat menghina. Saya tahu apa yang saya mainkan dengan gitar," katanya.

Penyanyi berusia 32 tahun itu juga bersumpah jika ia bersalah, dia akan berhenti dalam kariernya sebagai musisi, loh Kawula Muda. Ed Sheeran sangat merasa dihina telah dituduh melakukan plagiat dalam musiknya.

Ed Sheraan kecam ahli sidang di hak cipta lagu "Thinking Out Loud" dan ucap akan berhenti bermusik jika benar melakukan plagiat (Associated Press/John Minchillo)


"Jika itu (plagiat) terjadi, saya selesai, saya berhenti (bermusik)," tegasnya ketika ditanya oleh pengacaranya Ilene Farkas.

"Saya merasa sangat menghina untuk mengabdikan seluruh hidup saya untuk menjadi pemain dan penulis lagu dan meminta seseorang menguranginya," tambah Ed Sheeran.

Kemudian, dalam kesaksian tersebut, Ed Sheran menunjukkan dirinya bisa berpindah-pindah melodi dengan mulus antara komposisi lagunya sendiri dengan lagu orang lain seperti dari Nina Simone, Stevie Wonder, Bill Withers, Blackstreet, dan Van Morrison.

Di pengadilan, Ed Sheeran juga mengaku bahwa dia dan artis lain sering melakukan 'mash up', dan pada kesempatan lain menggabungkan lagu "Thinking Out Loud" dengan "Crazy in Love" Van Morrison dan "I Will Always Love You" Dolly Parton. 

"Untuk meminta seseorang masuk dan berkata, 'kami tak percaya padamu, kau pasti mencurinya,'" kata Ed. "Saya merasa itu sangat menghina."

"Saya tahu apa yang saya mainkan dengan gitar," katanya.

Berita Lainnya