Kualitas Boleh Diadu, Ini Dia Gitar Bambu Karya Maestro Lokal Asal Bogor

Hai Kawula Muda, bambu ternyata juga bisa dibikin jadi gitar lho.

Gitar PSN Akustik Bambu asal Bogor. (TWITTER)
Sat, 08 Oct 2022

Baru-baru ini para maestro lokal yang terdiri dari etnomusikolog, tukang kayu, fisikawan, dan musisi berhasil menciptakan alat musik akustik terbuat dari bambu yang di antaranya adalah gitar dengan label PSN Akustik Bambu.

Ide tersebut digawangi oleh budayawan Endo Suanda, pendiri Lembaga Pendidikan Seni (LPSN) bernama PSN Bamboo.

Endo berharap, dengan karya terbaru mereka ini, orang-orang akan terbuka wawasannya mengenai aneka ragam alat musik berbahan dasar bambu.

"Kalian kebanyakan di rumah nih, disini banyak juga loh alat musik yang dibuat dari bambu seperti gitar, Bass, Kecapi, Biola, dan masih banyak lagi disini juga kita lihat banyak replika gitar Fender dengan tipe Telecaster, Stratocaster, Lespaul," ujar Endo Suanda dalam sebuah pernyataan.

Kualitas dari gitar bambu pun tidak kalah dari gitar signature yang banyak dimiliki musisi. Itu karena bambu yang digunakan bukan sembarang bambu. Bambu itu harus berjenis bambu betung dengan kualitas terbaik.

"Bukan cuma bentuk yang mirip gitar Signature orang terkenal, tapi kualitas, daya tahan, dan detail yang enggak kalah. Suara yang dihasilkan lebih crunchy, lebih renyah, dan garing," ungkap Bime salah satu musisi Bogor.

Lalui riset mendalam

Menariknya, alat musik yang dibuat PSN Bamboo bukan barang sembarangan, sebab gitar bambu ini dibuat secara handmade, dikerjakan dengan penuh ketelitian, dan dalam waktu yang lama.

Pembuatan gitar bambu asal Bogor ini pun sangat memperhatikan tiap detail dan proses, mulai dari pemilihan bahan bambu hingga pengecekan seberapa sustain suara yang dihasilkan dari bilah bambu yang dipilih.

Para maestro itu juga melakukan riset mendalam untuk menentukan panjang pendeknya sebuah sustain. Beberapa faktornya adalah berat papan, kelenturan, dan luas dari areanya.

Para musisi ternama Indonesia pun sudah mengakui keunggulan gitar bambu karya maestro ini. Mereka di antaranya adalah Fadly (Padi), Balawan, Doddy Suhendra, hingga Iksan Sekuter yang mengaku begitu menyukai karya Endo Suanda.

Karena proses pembuatannya tidak mudah, gitar bambu ini masih diproduksi dalam jumlah terbatas. Karena itu, wajar jika harga alat musik ini pun tidak main-main. Contohnya, gitar akustik model Yamaha FS 100c bisa dibanderol dengan harga Rp 7 Juta.

Berita Lainnya