Pamungkas Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski di Lagu "Birdy"

Pamungkas enggak mau berikan tanggapan soal ini sampai album ke-4 rilis, Kawula Muda.

Pamungkas diduga plagiat lagu 'Birdy'. (www.bandwagon.asia)
Tue, 08 Feb 2022

Belum lama ini, musisi Pamungkas merilis lagu terbarunya yang berjudul Birdy. Di dalam lagu tersebut, Pamungkas mengatakan bahwa ia masih memiliki inner child.

Dengan membuat lagu itu, Pamungkas akan selalu ingat untuk tidak membiarkan rasa egois dirinya menghancurkan segalanya.

Ternyata, tidak semua respons yang Pamungkas dapatkan dari lagu Birdy adalah positif. Ia mendapat banyak tudingan dan celaan dari berbagai macam pihak di media sosial, terutama Twitter.

Salah satu pegiat puisi bernama Hamzah Muhammad mengutarakan perasaannya mengenai lagu Birdy lewat cuitan di akun Twitter-nya.

"Problem Pamungkas bukan musikalitas, tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas The Bluebird, Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk," tulis Hamzah dalam akun Twitter-nya.


Cuitan seorang pegiat puisi mengenai lagu Birdy. (twitter/hmzhmhmmmdlghz)

 

Berikut adalah potongan lirik di dalam lagu Birdy yang menjadi dugaan plagiat:

"Birdy in my heart

That wants to get out

But I am to clever

I won't let him out, never

No I'm not going to

Let anyone see him around, no

No he can't get me through

Stay where you are, lay low, not now,"

Hamzah juga mengingatkan orang-orang mengenai kasus plagiat Pamungkas pada 2021. Saat itu, Pamungkas mendapat tudingan soal peniruan karya artwork Baptisme Virot yang merupakan seniman asal Prancis.

Cholil Mahmud, selaku vokalis Efek Rumah Kaca, ikut menyoroti masalah tersebut. Ia menilai Pamungkas menampik ketenaran Bukowski sebagai salah satu sastrawan ternama di dunia.

Armand Maulana sempat menyinggung hal tersebut saat berbincang dengan Pamungkas. Namun, Pamungkas menyatakan dirinya belum siap menanggapi persoalan itu. Ia akan membahasnya saat album keempatnya sudah rilis.

Berita Lainnya