The Panturas Rilis Single Baru “Tafsir Mistik”

Kawula Muda, langsung cek ya lagu mereka.

Band asal Indonesia, The Panturas. (INSTAGRAM/THE PANTURAS)
Mon, 08 Mar 2021

Band surf rock asal Bandung, The Panturas, telah merilis single terbaru mereka berjudul Tafsir Mistik pada Jumat (05/03/2021).

Lagu ini dirilis untuk menyambut peluncuran album kedua mereka yang merupakan lanjutan dari “Mabuk Laut “ yang dirilis pada 2018. Album kedua yang belum diketahui judulnya itu digadang-gadang akan terbit pada pertengahan 2021.

Saat ini Tafsir Mistik baru hadir dalam bentuk video lirik di YouTube. Dalam waktu dekat, The Panturas juga akan merilis video musik resmi untuk menjadikan lagu itu semakin “hidup”.

Selain YouTube, lagu tersebut juga sudah bisa dinikmati di beberapa platform lain seperti Spotify, Apple Music, dan Deezer.

Tafsir Mistik menangkap fenomena-fenomena sosial yang beberapa waktu belakangan ini semakin seram. Bisa jadi kamu setannya atau bahkan kami setannya atau ternyata kita semua setannya,” kata The Panturas soal lagu terbaru mereka.

Lagu Tafsir Mistik menyuguhkan simfoni yang baru dan segar, tidak saja bagi para pendengarnya, tapi juga bagi The Panturas sebagai pemilik lagu.

Mereka menantang diri sendiri yang terbiasa membuat musik bertempo cepat, dengan menciptakan karya yang relatif lebih lambat, bahkan tergolong mendayu.

Hal itu dilakukan untuk meneladani langgam pop Melayu yang identik dengan nama-nama grup legendaris Indonesia seperti D’Lloyd dan The Mercy’s.

Lagu Tafsir Mistik menjadi babak baru dalam hal lirik bagi The Panturas. Jika sebelumnya Surya Fikri alias Kuya sebagai drummer yang lebih banyak berperan dalam penulisan lirik, kali ini  sang vokalis Abyan Zaki alias Acin ikut turun tangan untuk album kedua mereka.

Acin menyumbang diksi yang menggelitik untuk album tersebut. Pengaruh literasi terbesarnya berasal dari kegemarannya dalam membaca karya sastra.

Sementara itu, dari segi aransemen musik, Tafsir Mistik merupakan lagu paling prima yang pernah diciptakan The Panturas. Melalui lagu ini, band beranggotakan empat orang itu membuktikan keberanian mereka untuk keluar dari zona nyaman, untuk tidak stagnan dalam menciptakan karya musik.

Dengarkan lagu The Panturas – Tafsir Mistik berikut ini.


Berita Lainnya