Rayakan 10 Tahun Debut, Super Junior D&E Rilis Album "Countdown"!

Mulai dari lagu "Oppa, Oppa", eh enggak kerasa udah 10 tahun aja...

Super Junior D&E merilis album 'Countdown'. (INSTAGRAM/SUPERJUNIOR)
Wed, 03 Nov 2021

Anggota boyband Super Junior, Donghae dan Eunhyuk baru saja merilis album terbaru mereka yang berjudul "Countdown"Mereka berdua tergabung dalam sub-unit Super Junior D&E. 

Sub-unit Super Junior tersebut kini telah berusia 10 tahun. Mereka melakukan debut resmi mereka pada 16 Desember 2011 silam di acara KBS Music Bank. 

"Super Junior D&E bukan tim yang dibuat lewat rencana resmi," kata Eunhyuk seperti dilansir Yonhap, Selasa (2/11).

Eunhyuk mengungkap bahwa awalnya mereka berdua hanya iseng membuat duo untuk tampil di konser Super Junior. 

"Kami membuatnya dengan santai untuk penampilan di konser. Itu sebabnya saya merasa ulang tahun ke-10 terasa lebih istimewa," tutur Eunhyuk.

Donghae mengatakan kalau ia dan Eunhyuk telah bersama sejak mereka masih menjadi trainee. 

"Saya pikir mari bersenang-senang dan membuat lagu serta syuting video. Begitu cara kami sampai sejauh ini," ucap Donghae, mengutip CNNIndonesia. 

Hal ini disampaikan oleh Donghae lewat konferensi pers promosi album penuh perdana Super Junior D&E, COUNTDOWN, pada Selasa, 2 November 2021. 

Mereka resmi merilis album tersebut dengan lagu utama yang berjudul ZERO. 

Album "Countdown" disebut sebagai refleksi bagi Donghae dan Eunhyuk untuk memulai era baru berdasarkan perjalanan Super Junior D&E 10 tahun terakhir. 

Dalam album tersebut terdapat 10 lagu, termasuk Beautiful Liar dan Far Away. 

Sedangkan lagu utama mereka, ZERO, merupakan lagu dengan genre hip-hop elektrik dengan nuansa tropis. Donghae junga mengambil kredit dalam komposisi dan lirik lagu tersebut. 

"Judul lagu itu berarti kami bukan apa-apa tanpa penggemar. Tanpa kalian, kami tidak mungkin dicintai dan membuat album," kata Donghae.

Super Junior D&E debut melalui single digital yang berjudul Oppa, Oppa. Lagu tersebut sempat viral di kalangan penggemar K-pop. 

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya