Sebut Nama Merek Mobil, NCT 127 Ubah Lirik “2 Baddies” Biar Enggak Dicekal KBS

Kawula Muda, selain NCT 127 idol group K-Pop lain juga pernah mengubah lirik lagunya.

NCT 127, sub unit dari NCT yang berada di bawah naungan SM Entertainment. (TWITTER/NCT 127)
Sat, 17 Sep 2022

NCT 127 baru saja melakukan comeback dengan merilis lagu terbaru berjudul 2 Baddies pada 15 September 2022. Namun, demi bisa tayang di KBS, boygroup yang berada di bawah naungan SM Entertainment itu rela untuk mengubah lirik lagu terbaru mereka itu.

Pasalnya, di lagu 2 Baddies terdapat lirik yang menyebutkan nama merek mobil asal Jerman, Porsche. KBS sebagai salah satu stasiun televisi nasional di Korea Selatan memang mempunyai aturan ketat tentang video musik termasuk lirik lagu yang akan ditayangkan.

Terakhir, KBS sempat melarang penayangan lagu terbaru BLACKPINK yang baru saja dirilis, Pink Venom. Pencekalan yang dilakukan oleh KBS ini karena dalam lirik lagu Pink Venom terdapat penyebutan nama merek.

Sementara itu, pihak agensi tidak ingin mengubah liriknya, maka Pink Venom tidak dapat ditayangkan di stasiun televisi nasional itu.

Berbeda dengan YG Entertainment selaku agensi BLACKPINK, SM Entertainment sepertinya memiliki kebijakan lain. Pihak agensi lebih memilih untuk mengubah lirik lagu 2 Baddies NCT 127 agar bisa ditayangkan di KBS.

Ini terlihat dari potongan video yang baru-baru ini dibagikan oleh seorang warganet Korea Selatan. Ia sempat mengunggah potongan video musik 2 Baddies NCT 127 yang diputar di penghujung acara salah satu program KBS.

Dalam potongan video itu terdengar lirik lagu 2 Baddies telah diubah dari yang sebelumnya berbunyi ”2 Baddies, 2 Baddies, 1 Porshche”, diganti menjadi “2 Baddies, 2 Baddies, 1 Squad”.

KBS memang sangat ketat dalam menyortir video musik yang tayang di saluran mereka. Sebelumnya, sejumlah karya dari idol K-Pop pernah dicekal oleh KBS.

Selain BLACKPINK, boygroup WINNER juga pernah dicekal. Video musik WINNER yang berjudul Island pernah dilarang tayang di stasiun televisi tersebut karena liriknya terkesan mengusung citra homoseksual.

Lagu Freeze milik Block B juga pernah dilarang oleh KBS karena lagunya dianggap mendeskripsikan adegan kencan yang tidak sehat.

Lagu debut Block B itu berbunyi,”Kirim semua temanmu pulang” dan “aku menunggumu di sini”. Walaupun Block B telah mengubah liriknya menjadi “Mataku sudah mengawasi” dan “Malam menunggumu” pihak KBS masih menganggapnya tidak pantas untuk disiarkan.

Kawula Muda, bagaimana menurut kamu tentang lirik lagu 2 Baddies milik NCT yang sudah diubah liriknya?





Berita Lainnya