Tulus Rilis Single Bertajuk “Ingkar” Sebagai Pembuka Album Terbaru

Hai Kawula Muda, akhirnya Tulus rilis single baru nih.

Penyanyi Indonesia, Tulus. (INSTAGRAM/TULUS)
Sat, 14 Aug 2021

Setelah vakum hampir setahun lamanya, penyanyi Tulus akhirnya merilis single terbaru berjudul Ingkar.

Lagu yang merupakan pembuka album terbaru Tulus yang akan dirilis pada September nanti itu dirilis secara digital pada Jumat (13/8/2021).

Single Ingkar ini juga hadir jelang peringatan 10 tahun solis berdarah Sumatra Barat berkarier di industri musik Tanah Air pada September mendatang.

Masih seperti karya-karya sebelumnya, Ingkar juga bertema tentang cinta. Begitu pula dengan lirik yang berima dan ditulis dengan kata-kata sederhana yang mudah dimengerti.

Perbedaan yang cukup terasa ada pada musik, tepatnya orkestrasi berupa string section dan brass section.

Kali ini sang produser, Ari Renaldi, berkolaborasi dengan Erwin Gutawa untuk mengaransemen musik tersebut. Selain itu, Tulus  juga berkolaborasi dengan Bandu Darmawan, seorang perupa multimedia.

Kolaborasi Tulus-Bandu itu tercermin di video klip Ingkar yang menampilkan Tulus bernyanyi dengan latar instalasi seni.

Single kedua di masa pandemi

Ingkar merupakan single kedua yang Tulus rilis di masa pandemi. Pada Mei 2020 lalu, Tulus sempat merilis single bertajuk Adaptasi yang bercerita tentang kehidupannya selama wabah Covid-19.

Tak hanya itu, Tulus juga berkontribusi dalam single penyanyi muda Dere, selain juga berkolaborasi dengan single Petra Sihombing Kawan pada Agustus 2020.

Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini aktif bermusik sejak 2011. Pada tahun itu ia merilis solo perdana bertajuk “Tulus” yang membuatnya dikenal secara luas.

Lagu-lagu dalam album itu berhasil menjadi hit yang membawa Tulus tampil di berbagai acara musik. Beberapa lagu hit itu adalah Sewindu, Teman Hidup, Diorama, Kisah Sebentar, dan Tuan Nona Kesepian.

Nama Tulus semakin meroket dan diperhitungkan dalam industri musik Indonesia setelah merilis album kedua bertajuk “Gajah” pada 2014. Kemudian pada 2016 ia merilis album ketiga bertajuk “Monokrom”.

Pada 2019, layanan streaming audio Spotify menetapkan Tulus sebagai musisi paling laris di Spotify Indonesia. Bahkan ia juga tercatat sebagai musisi Indonesia pertama yang memecahkan rekor satu juta pengikut di layanan tersebut.




Berita Lainnya