WizKid Gandeng Justin Bieber untuk Remix “Essence”, Ikuti Jejak “Despacito”?

Kawula Muda, "Essence" merupakan lagu pertama WizKid yang berhasil masuk Billboard Hot 100.

WizKid gandeng Justin Bieber untuk versi remix "Essence". (TWITTER/RAP-U)
Tue, 17 Aug 2021

Bintang afrobeat asal Nigeria, WizKid, menggandeng Justin Bieber untuk versi remix dari single kolaborasinya bersama Tems, berjudul Essence.

Versi terbaru Essense dirilis pada Jumat (13/08/2021), hampir sepuluh bulan sejak versi aslinya dirilis. Single ini muncul sehari setelah Justin Bieber mengumumkannya melalui akun Instagram.

“Terima kasih telah mengizinkanku masuk ke lagu summer ini,” tulis Justin di Instagram pada Kamis (13/08/2021), saat mengumumkan remix Esssence.

Sebelum remix ini diumumkan, WizKid sempat mengisyaratkan akan memberikan “sesuatu yang istimewa” bagi para penggemarnya. Kini, telah diketahui bahwa hal istimewa yang dimaksud adalah Justin Bieber.

Versi asli Esssence pertama kali dirilis pada Oktober 2020, sebagai bagian dari album studio keempat WIzKid, “Made in Lagos”.

Lagu ini kembali dipromosikan pada April lalu, melalui perilisan video musik resmi. Hasilnya, trek tersebut berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100 dan debut di peringkat 82 pada Juli. Pencapaian lagu tersebut terus meningkat selama beberapa minggu terakhir, hingga naik ke posisi 54 per 14 Agustus 2021.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Wizkid dan Tems, sekaligus momen penting bagi industri musik di Afrika Barat.

Musisi asal Nigeria, WizKid. (TWITTER/WIZKID)

 

Meskipun sebelumnya pernah menempatkan namanya di Bilboard Hot 100, Essence adalah lagu pertama WizKid yang masuk ke tangga lagu tersebut, sebagai artis utama. Sebelumnya, WizKid masuk ke tangga lagu hanya sebagai featured artist di lagu Drake berjudul One Dance dan lagu Beyoncé, Brown Skin Girl.

Bukan hal mudah, mengingat kebanyakan lagu di Billboard Hot 100 adalah lagu-lagu pop yang didominasi oleh artis-artis dari Amerika Serikat, sedangkan WizKid mengusung afrobeat di lagu ini.

"Ini adalah pertama kalinya aku merasa laguku seperti sedang bersaing di level yang sama dengan lagu yang dipromosikan oleh artis barat di genre pop. Aku harap lagu ini dapat membuka pintu bagi lebih banyak musisi yang memiliki style dan tekstur (musik) berbeda (dari pop),” kata WizKid menanggapi pencapaian lagu Essence, mengutip Billboard.

Dengan dorongan marketing lain lewat bantuan Justin Bieber, remix Essence memiliki peluang lebih besar untuk menaikkan pasar di Amerika Serikat, seperti halnya remix Despacito karya Luis Fonsi dan Daddy Yankee yang juga menampilkan Justin.

Versi remix dari lagu pop Latin tersebut berhasil menduduki peringkat pertama Billboard Hot 100 pada tahun 2017 selama 16 minggu, dengan jumlah penjualan yang fantastis, jauh melampaui pencapaian versi aslinya berkat kehadiran Justin.

Dengarkan versi baru lagu WizKid – Essence (Remix) feat. Justin Bieber dan Tems berikut ini:



Berita Lainnya