9 Negara dengan Biaya Liburan Termurah Cocok untuk Budget Terbatas

Mana yang paling lo mau kunjungi, Kawula Muda?

Ilustrasi traveler (UNSPLASH/SIMON ENGLISH)
Mon, 24 Apr 2023


Apakah Kawula Muda ingin liburan impian tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam? Jangan khawatir ya! Sebab, terdapat banyak negara di dunia yang menawarkan pengalaman wisata menarik dengan biaya yang terjangkau.

Mengutip Kiplinger, beberapa negara memang dapat dikunjungi dengan budget yang terbatas. Jadi, jika lo seorang traveler Indonesia, berikut adalah 7 negara dengan biaya liburan termurah yang dapat menjadi pilihan terbaik! 

Laos

Keindahan alam negara Laos (UNSPLASH/YOSI BITRAN)

 

Dengan perkiraan biaya harian sebesar Rp 223.000, Laos merupakan negara di Asia Tenggara yang sangat ramah untuk kantong traveler. Negara ini pun sangat cantik karena memiliki lebih dari 4.000 pulau indah serta air terjun pedalaman yang menakjubkan. Karena itu, Laos cocok untuk para pecinta pendakian, penjelajahan gua, perjalanan hutan, hingga budaya kuil yang masih kental. 

Turki

Kota Istanbul, Turki (UNSPLASH/ANNA BERDNIK)

 

Merupakan negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, Turki memiliki biaya hidup harian yang tergolong murah, yakni sekitar Rp 342.000 saja. Berada di perbatasan Eropa dan Asia, lo dapat memanjakan mata dengan arsitektur yang mencolok dan lidah dengan kuliner yang menggiurkan. Turki pun memiliki segalanya, mulai dari pantai, kota metropolis Istanbul yang berwarna, hingga pegunungan dengan panorama indah. 

Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang ramah untuk kantong wisatawan (UNSPLASH/ALEJANDRO CARTAGENA)

  

Kerap menjadi surga para jastip, Thailand memang merupakan negara yang menarik perhatian wisatawan. Memiliki biaya harian kurang lebih Rp 773.000, negara ini dipenuhi dengan patung Buddha, kuil hutan, dan street market yang tiada duanya. Karena itu, selain untuk berburu pakaian murah, Thailand juga sangat cocok untuk dikunjungi dengan budget terbatas, Kawula Muda!

Hungaria

Keindahan kota Hungaria (UNSPLASH/ERVIN LUKACS)

 

Terletak di persimpangan Eropa, Hungaria adalah negara yang unik. Di negara ini pula, ada Budapest yang dijuluki sebagai ‘kota cahaya’. Kota tersebut bahkan dinobatkan sebagai "kota terbaik kedua dunia" oleh Condé Nast Traveler, serta "tempat terindah ketujuh untuk tinggal di Eropa" oleh Majalah Forbes. Di samping itu, biaya harian di negara ini adalah Rp 1 juta, Kawula Muda!

Kosta Rika

Kekayaan alam di Costa Rica (UNSPLASH/ALEX IP)

 

Costa Rica adalah negara yang dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Dari pantai yang eksotis hingga hutan hujan yang tebal, Costa Rica menawarkan banyak atraksi wisata alam yang menakjubkan seperti taman nasional, gunung berapi, dan pantai-pantai yang indah. Selain itu, biaya akomodasi, makanan, dan transportasi di Costa Rica juga relatif terjangkau. Untuk biaya harian di negara ini berkisar di Rp 1,2 juta.

Meksiko

Dokumentasi negara Meksiko yang ramai (UNSPLASH/FILIP GIELDA)

 

Meksiko adalah negara yang kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alamnya. Dari situs arkeologi kuno seperti Chichen Itza dan Teotihuacan hingga pantai-pantai yang indah di Riviera Maya dan Los Cabos, Mexico menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik. Lo juga dapat menikmati kuliner Meksiko yang terkenal, seperti tacos, enchiladas, dan guacamole, dengan harga yang terjangkau di warung makan lokal atau pasar. Adapun biaya rata-rata harian dari negara ini adalah Rp 1,4 juta! 

Republik Dominika

Keindahan pantai eksotik Punta Cana di Republik Dominika (UNSPLASH/ROBIN CANFIELD)

  

Republik Dominika adalah negara Karibia dengan biaya rata-rata harian Rp 1,6 juta. Negara ini terkenal dengan pantainya yang indah, hutan hujannya yang lebat, dan budaya yang kaya. Lo dapat menikmati pantai-pantai eksotis, seperti Punta Cana dan Puerto Plata, atau menjelajahi taman nasional yang memukau seperti Taman Nasional Los Haitises. 

Yunani

Yunani adalah negara penuh tempat wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi (UNSPLASH/HAND REINERS)

 

Yunani adalah negara dengan sejarah dan kebudayaan yang sangat kaya. Dengan warisan budaya kuno, pulau-pulau cantik, serta masakan lezat, Yunani menawarkan pengalaman liburan yang unik dengan budget terbatas. Salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi adalah ibu kota Yunani, yakni Athena. Untuk biasa hide rata-rata, seseorang perlu merogoh kotek hingga Rp 1,9 juta per hari. 

Indonesia

Indonesia adalah negara yang penuh dengan keindahan alam (UNSPLASH/KILLIAN PHAM)

 

Walau lo merupakan taveler asal Indonesia, Tanah air ini memiliki beragam keindahan Wisata yang ditawarkan loh! Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan keindahan alamnya. Mulai pantai pasir putih yang bersih hingga hutan hujan tropis yang mengagumkan, Indonesia memiliki banyak tempat indah yang dapat dinikmati tanpa harus menguras kantong.

Berita Lainnya