Akan Disubsidi Mulai 20 Maret 2023, Intip Rekomendasi Motor Listrik 2023

Kawula Muda ada yang pakai motor listrik di sini?

Ilustrasi motor listrik (GRID OTO)
Tue, 07 Mar 2023

Kawula Muda, pemerintah resmi memberikan subsidi untuk motor listrik. Adapun, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menjelaskan besaran subsidi diberikan untuk sepeda motor listrik Rp 7 juta.

"Pertama adalah pemberian bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan motor listrik baru, ini ada dua program. Tadi sudah disampaikan pak Menteri. Untuk bantuan pemerintah pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp 7 juta. Untuk 200 ribu unit di tahun 2023," kata Febrio saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (06/03/2023) melansir Detik.

Ilustrasi motor listrik (KOMPAS)

Diketahui, subsidi yang akan dimulai pada 20 Maret 2023 ini memiliki kuota sebesar 200 ribu unit motor listrik di tahun 2023 sebesar Rp 7 juta. Bantuan pemerintah untuk pembelian sepeda motor listrik hingga Desember 2023 ini ada tiga merek yang masuk dalam syarat karena memiliki tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) di atas 40 persen, yakni Selis, Volta, dan Gesits.

Pemerintah juga menegaskan, jika tidak semua pihak dapat menerima subsidi motor listrik ini, Kawula Muda. Untuk diketahui, Kawula Muda harus memenuhi beberapa syarat dari pemerintah untuk mendapatkan motor listrik dari pemerintah, yakni:

1. Pemerintah menargetkan untuk memberikan subsidi motor listrik kepada pelaku UMKM, khususnya penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), dan termasuk pelanggan listrik 450-900 VA.

2. Konversi motor listrik hanya dibatasi oleh motor berkapasitas 110 - 150 cc

3. Membuat dokumen dan legalitas yang sah, seperti motor yang legal, STNK dan KTP-nya sama, dan bengkel yang bersertifikat. Hal ini dimaksudkan agar menghindari kelebihan subsidi yang diterima per orang.

4. Datang ke dealer untuk melakukan transaksi. Nantinya, dealer akan melakukan verifikasi dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di KTP. Bila dirasa pantas mendapatkan bantuan, maka harga langsung dipotong Rp 7 juta di tempat.

Rekomendasi Motor Listrik 2023

Kawula Muda, jenis kendaraan ramah lingkungan yang satu ini mulai menunjukkan eksistensinya di Indonesia, loh. Selain itu, motor listrik juga bisa membantu lo menghemat BBM yang naik harganya.

Asiknya lagi, lo bisa mengucapkan selamat tinggal kepada antrean BBM yang panjang, Kawula Muda! Berikut rekomendasi motor listrik tahun 2023 di Indonesia. Lo mengincar yang mana, nih?

1. Selis

Menjadi salah satu yang mendapat subsidi dari pemerintah. Motor ini dibanderol mulai dari Rp 11,5-Rp 15,5 jutaan saja, loh. Ditambah lagi, motor ini dilengkapi elektrik motor BLDC 48V 800 Watt dan baterai dengan tegangan SLA 48 Volt 20 Ah.

Motor listrik Selis Type E-Max juga bisa berjalan dengan kecepatan 40 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 35 km, loh!

2. Volta

Volta juga menjadi salah satu merek yang mendapat subsidi dari pemerintah, nih Kawula Muda. Mengejutkannya, harga Volta sendiri dibanderol dari harga Rp 4 jutaan untuk tipe terendahnya.

3. Gesits

Sejak awal kemunculannya, Gesits menjadi salah satu merek yang tidak boleh diabaikan, Kawula Muda. Motor yang diproduksi di Indonesia ini mengklaim daya jelajahnya bisa mencapai 100 km dengan menggunakan baterai ganda, loh.

Pengisian dayanya juga cepat sekali, yakni hanya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Harganya sendiri dibanderol dari Rp 26.700.000 – Rp 28.700.000.

4. NIU

NIU bisa menjadi pilihan motor listrik ramah lingkungan buat lo yang menginginkan kendaraan minimalis dengan kesan modern, Kawula Muda. Dibanderol dengan harga Rp 18 jutaan, NIU UQim mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 32 km/jam, loh!

5. Honda

Honda tengah serius menggarap jenis motor listrik loh, Kawula Muda! Ada beberapa model motor listrik Honda yang belum lama ini meluncur di Indonesia, seperti Honda V-Go atau Honda U-Bee.

Honda V-Go memiliki daya 2000 Watt yang bisa melaju dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. V-Go dibuat dengan menggunakan baterai lithium dengan kualitas yang tinggi, yakni Tesla S.

Dibanderol dengan harga Rp 18 jutaan, motor listrik Honda juga cocok untuk digunakan di medan pedesaan. Keren banget!

6. Gogoro

Gogoro merupakan merek yang mulai ramai dibicarakan ketika melakukan kerja sama dengan Gojek untuk menghadirkan armada sepeda motor listrik. 

Gogoro memiliki berbagai model motor listrik, mulai dari S1 Performance, 1 Series, Gogoro VIVA , Gogoro VIVA Mix, Gogoro VIVA XL, dan model terbaru seperti Gogoro SuperSport dan Gogoro Delight. Semua model ini dibekali kemampuan dan tampilan yang bervariasi.

S Performance, salah satu varian dari Gogoro dilengkapi dengan lampu LED pada bagian depan dengan bentuk yang unik dan an memiliki kecepatan maksimal 45 km/jam. Model yang ada di Indonesia ini dibanderol mulai dari Rp 61 jutaan.

7. Alva One

Merek Alva One merupakan merek motor listrik terbaru yang memiliki banyak teknologi dan fitur-fitur canggih. Selain itu, daya pikat motor ini juga terletak pada desainnya yang modern dan kekinian.

Alva One mengusung baterai lithium ion 60V 45Ah yang mampu menjelajah hingga 70 km dalam sekali pengisian penuh dengan waktu pengisian singkat, yakni 4 jam.

Fitur-fitur yang ditawarkan antara lain tiga mode kecepatan, konektivitas melalui smartphone, hingga adanya layanan darurat khusus yang bisa diakses 24 jam apabila lo mengalami kendala di tengah jalan.

8. Uwinfly

Motor ini sudah mencuri perhatian sejak tahun lalu, Kawula Muda. Motor listrik yang dibanderol mulai dari Rp 8,5 juta sampai Rp 8,99 juta ini cukup menjanjikan, loh! Motor listrik Uwinfly type LN Pro bahkan memiliki tenaga 800 Watt dengan top speed 55 km/jam dengan daya angkut kurang lebih 150 kg. Tidak hanya itu, desainnya juga klasik seperti Vespa, loh!

Kawula Muda, itulah rekomendasi motor listrik di Indonesia. Mulai pikirkan untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan, ya!

Berita Lainnya