Arus Mudik Bisa Dipantau melalui CCTV Online

Praktis bisa dipantau lewat HP Kawula Muda!

Ilustrasi mudik lokal (Alinea.ID)
Fri, 29 Apr 2022


Lebaran tinggal menghitung hari, beberapa orang sudah lebih dulu melaksanakan mudik, seperti yang sudah diprediksikan, kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan, seperti tol Cikampek dan Cipali.

Kemacetan yang terjadi akibat mudik sepertinya tidak bisa dihindari bagi yang mudik menggunakan transportasi darat, baik kendaraan pribadi maupun umum.

Oleh karenanya penting buat Kawula Muda yang ingin mudik untuk mempersiapkan diri menghadapi kemacetan, salah satunya dengan memantau arus mudik melalui link website maupun aplikasi.

Link website dan aplikasi pemantau arus mudik ini cukup banyak pilihannya, berikut daftarnya:

1. RTTMC Kementerian Perhubungan

Website RTTMC Kementerian Perhubungan

 

Road Transport and Traffic Management Center atau RTTMC adalah situs yang disediakan oleh Kemenhub, situs ini berisikan tangkapan layar CCTV di beberapa ruas jalan. Diperkirakan ada sekitar 40 CCTV yang telah dipasang di titik rawan macet di beberapa daerah di Indonesia.

2. Lewatmana.com

Situs lewatmana.com

 

Lewatmana adalah situs yang dikelola oleh pihak swasta, lebih lanjut Lewatmana menyediakan informasi lalu lintas terkini lewat pantauan CCTV, Wilayah pantauan Lewatmana mencakup DKI Jakarta, Bandung, Depok, Puncak dan Surabaya.

3. NTMC Polri

Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia memiliki NTMC Polri sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi untuk mengatur lalu lintas. Aplikasi yang disediakan Polri ini juga bisa untuk memantau arus lalu lintas kemacetan, Polri bahkan memiliki 2.056 unit CCTV yang seluruhnya telah terintegrasi oleh NTMC Polri dan dipastikan aktif termonitor selama 24 jam. Kawula Muda bisa akses NTMC Polri dengan mengunduhnya terlebih dahulu lewat NTMC TV di Play Store.

4. BPJT Info Tol

Kementerian PUPR memiliki sarana untuk memantau akses lalu lintas di dalam tol, memiliki fitur live update tentunya memudahkan kita untuk melihat kondisi jalanan. Selain itu BPJT Info Tol juga memiliki fitur lain yakni, cek tarif tol (informasi estimasi total tarif yang harus dikeluarkan antar-ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi serta lokasi gerbang tol), rest area (menampilkan lokasi fasilitas rest area terdekat), dan peta jalan tol. 

Itu dia beberapa situs dan aplikasi untuk memantau arus lalu lintas untuk persiapan mudik.

5. Google Maps

Yup! Kawula Muda bisa menggunakan aplikasi sejuta umat, Google Maps untuk memantau kemacetan. Google Maps akan terus update tentang keadaan jalur lalu lintas yang Kawula Muda akan lewati. Walaupun tidak memfasilitasi CCTV, namun berbagai fiturnya Google Maps juga memudahkan Kawula Muda untuk membaca situasi di jalanan hanya menggunakan ponsel!

Berita Lainnya