Dua Ruas Tol Dibuka Gratis Menjelang Mudik Lebaran 2022

Hai Kawula Muda, simak yuk untuk kamu yang mudik ke Sumatera!

Jalan Tol Jakarta-Cikampek.(JASAMARGA)
Mon, 25 Apr 2022


Dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan dibuka dalam mudik Lebaran tahun ini oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, bahwa kegunaan kedua ruas tol tersebut untuk memberikan pelayanan maksimal untuk pemudik.

"Kami mengoptimalkan pelayanan di ruas-ruas yang telah beroperasi secara penuh dan di tahun ini kami akan membuka secara fungsional dua ruas di Trans Sumatera, yakni Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung," kata Hutama, mengutip CNN Indonesia, Senin (25/04/2022).

Nantinya, Hutama akan membuka Ruas Pekanbaru-Pangakalan seksi Pekanbaru-Banginang sepanjang 31 km dan Ruas Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu - Taba Penanjung sepanjang 17,6 km.

Sebelumnya, pihaknya telah mempersiapkan arus mudik Lebaran ini dengan melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 April - 14 April 2022 di Tol Bengkulu-Taba Penanjung dan peninjauan langsung oleh konsultan PMO untuk Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Persiapan tak hanya sampai di sana saja. Hutomo mengatakan, persiapan fisik di lapangan seperti koordinasi dengan BPJT, Bina Marga, Korlantas, BBPJN dan pihak terkait lainnya juga dikerahkan.

"Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, dapat berdampak signifikan bagi para pemudik khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau," harapnya.

Adanya arus tol ini dibuka pada arus mudik H-7 yaitu 26 April 2022 dan arus balik Lebaran H+7, 9 Mei 2022. Jam operasional untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB serta jalur yang dibuka untuk fungsional yaitu satu arah.

Berita Lainnya